STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 KETAPANG KALIMANTAN BARAT
Keywords:
Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam dan Minat BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini: 1) untuk mengetahui bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan minat belajar. 2) untuk menganalisis faktor-faktor penghambat dan pendukung untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMA Negeri 2 Ketapang. Dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian 1) Minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Ketapang tergolong baik, hal ini disebabkan oleh guru PAI yang profesional dalam menjalankan tugasnya yaitu dengan kedisiplinan guru dalam mengajar. Strategi guru Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui strategi pembelajaran yang dilaksanakan dengan membangkitkan dan mengembangkan kemampuan berfikir siswa. Selain itu guru Pendidikan Agama Islam juga menggunakan beberapa metode pembelajaran yaitu metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan demonstrasi. 2) Kendala atau hambatan yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMA Negeri 2 Ketapang yaitu kurangnya gairah siswa dalam mengikuti pembelajaran, Masalah ini dipengaruhi oleh faktor internal (yang berasal dari dalam diri siswa) dan juga oleh faktor eksternal (yang berasal dari luar diri siswa itu sendiri).
Downloads
References
Dapartemen Pendidikan Nasional, Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa
Djaelani, Moh. Solikodin, dkk, 2015. Dasar-Dasar Kependidikan.Tangerang: PT Pustaka Mandiri
Indonesia, Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional), UU RI No. 20 tahun 2003, (Jakarta: Sinar Grafika, 2013), cet. Ke-V
Mansur Isna, 2008. Diskursus Pendidikan Islam Global. Yogyakarta: Pustaka Utama
Marleni, Lusi. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas
Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Dua Satria Offert.
Rochmaniah, Siti. Strategi Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smpn 02 Satap Sumber Wringin Tahun Pelajaran 2019-2020, Progresif: Media Publikasi Ilmiah, 2020, 30
Shihab, M. Quraish. 2005. Tafsir Al-Misbah Vol 13, Cet III. Jakarta: Penerbit Lentera Hati
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Cet. 16. Bandung : Alfabeta.
Trismayanti, Suci. Strategi Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar, Al-Islah: Jurnal Pendidikan Islam 17, No. 2, (2019)
VIII Smp Negeri 1 Bangkinang, Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 1, No. 1 (2016), 151-152.
Wawancara
Bapak Hadiansyah selaku Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 2 Ketapang, wawancara dengan peneliti 26 Maret 2024, wawancara 2, transkip.
Bapak Tajudin, S.Ag selaku Kepala SMA Negeri 2 Ketapang, wawancara dengan peneliti, 15 Februari 2024, wawancara 1, transkip.
Ibu Salatiah selaku wali murid SMA Negeri 2 Ketapang, wawancara dengan peneliti, 31 Juli 2022, wawancara 6, transkip.
Lusi Marleni, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri1 Bangkinang, Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 1, No. 2016),151-1
Ngalimun, Strategi Pembelajaran, (Yogyakarta: Dua Satria Offet, 2017), 6.
Oka Sugawa selaku siswa SMA Negeri 2 Ketapang, wawancara dengan peneliti, 26 Maret 2024 Wawancara 3
Sutrisno, Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar TIK Materi Topologi Jaringan dengan Media Pmbelajaran, (Malang: Ahlimedia Press, 2021), 9-10
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.