PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA DARUL ULUM GRESIK
Keywords:
Pendekatan Saintifik, Pembelajaran PAIAbstract
Problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam salah satunya dikarenakan kurang menarik. Hal ini dikarenakan guru didalam menyampaikan pembelajaran terlalu monoton dan membosankan. Guru selalu menjadi peran utama dalam pembelajaran tidak memberikan kesempatan kepada siswanya untuk mengeksplorasi pengetahuannya. Dengan menerapkan pedekatan saintifik diharapkan peserta didik mempunyai kompetensi baik keterampilan, pengetahuan, dan sikap. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan reduksi, pengumpulan data, display, dan verifikasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data agar kredibel menggunkan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI di SMA Darul Ulum Driyorejo Gresik dimulai dengan perencanaan sebagai persiapan guru sebelum melakukan proses pembelajaran termasuk bagaimana dalam mendesain pembelajaran. Guru dalam pembelajaran PAI telah mengimplementasikan pembelajaran yang berbasis saintifik dibuktikan guru menerapkan langkah-langkah seperti menyampaikan pendahuluan, melakukan kegiatan inti, dan penutup. 2) Yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pendekatan saintifik adalah faktor internal dan eksternal.
Downloads
References
Baedhowi, Firman,. Wiedy Murtini. (2018). “The Effectiveness of The Scientific Approach to Improve Student Learning Outcomes”, International Journal of Active Learning, Vol. 3, No. 2
Bailer, Jill. (2006). Teaching Science Process Skills-Middle School, Michigan: Milestone
Fadlillah, M. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs,& SMA/MA, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Hosnan, M. (2014) Pendekatan Saintifik dan Kontekstul dalam Pembelajaran Abad 21, Bogor: Ghalia Indonesia
Kurniasih, Asih dan Berlin Sani. (2014). Implementasi Kurikulum 2013; Konsep & Penerapan, Surabaya: kata pena
Latifatul, Mida. (2013). Muzamiroh, Kupas Tuntas Kurikulum 2013; Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum, Bandung: Kota Pena
Lubis, Rahmat Rifai,. et.all. (Juni 2019), Problematika Implementasi Scientific Approach dalam Pembelajaran Fikih (Studi Kasus Di MTs. PAI Medan), Jurnal Intiqad; Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, Vo. 11 No. 1 ISSN 1979-9950 (online), http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/intiqad,
Martin, David Jerner. (2006). Elementary Science Methods: A Constructivist Approach, USA: Thomson Wadsworth
Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung : Remaja Rosdakarya
Mulyoto. (2013). Strategi Pembelajaran di Era Kurikulum 2013, Jakarta:Prestasi Pustaka Publisher
Noor Amirudin. (Tahun 2019) Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Digital, Proceeding Seminar Nasional Prodi PAI UMP ISBN 907-602-6697-31-8, 188
Rosyid, Moh. (2007) Pendidikan Life Skill, Kudus:STAIN Press
Wibowo, Djoko Rohadi. (2017). Pendekatan Saintifik dalam Membangun Sikap Kritis Siswa pada Pembelajaran Akidah Akhlak (Studi di MIN Yogyakarta II)”, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Vol. 4, No. 1
Zarkasi, Firdaus. (2009). Belajar Cepat dengan Diskudi, Surabaya: Indah
WAWANCARA DAN OBSERVASI
Hasil Observasi pada tanggal 17 juni 2021
Hasil observasi pada tanggal 24 juni 2021
Hasil wawancara bersama Bapak M.Syafi' Amrulloh pada tanggal 24 juni 2021
Hasil wawancara bersama siswa Adelia Trisna pada tanggal 24 juni 2021
Hasil wawancara bersama siswa Arkanul Iman pada tanggal 24 juni 2021
Hasil wawancara dengan Ibu Damayanti selaku Waka Kurikulum sekolah pada tanggal 15 juni 2021
Hasil wawancara dengan Ibu Maya Indah Lestari selaku Guru PAI sekolah pada tanggal 24 juni 2021
Hasil wawancara dengan pak Romdlon Mubarok selaku kepala sekolah pada tanggal 15 juni 2021
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.