PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA DARUL ULUM GRESIK

Authors

  • Muhamad Kusyairi Universitas KH. Abdul Chalim, Mojokerto
  • Ashari Universitas KH. Abdul Chalim, Mojokerto

Keywords:

Pendekatan Saintifik, Pembelajaran PAI

Abstract

Problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam salah satunya dikarenakan kurang menarik. Hal ini dikarenakan guru didalam menyampaikan pembelajaran terlalu monoton dan membosankan. Guru selalu menjadi peran utama dalam pembelajaran tidak memberikan kesempatan kepada siswanya untuk mengeksplorasi pengetahuannya. Dengan menerapkan pedekatan saintifik diharapkan peserta didik mempunyai kompetensi baik keterampilan, pengetahuan, dan sikap. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan reduksi, pengumpulan data, display, dan verifikasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data agar kredibel menggunkan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI di SMA Darul Ulum Driyorejo Gresik dimulai dengan perencanaan sebagai persiapan guru sebelum melakukan proses pembelajaran termasuk bagaimana dalam mendesain pembelajaran. Guru dalam pembelajaran PAI telah mengimplementasikan pembelajaran yang berbasis saintifik dibuktikan guru menerapkan langkah-langkah seperti menyampaikan pendahuluan, melakukan kegiatan inti, dan penutup. 2) Yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pendekatan saintifik adalah faktor internal dan eksternal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baedhowi, Firman,. Wiedy Murtini. (2018). “The Effectiveness of The Scientific Approach to Improve Student Learning Outcomes”, International Journal of Active Learning, Vol. 3, No. 2

Bailer, Jill. (2006). Teaching Science Process Skills-Middle School, Michigan: Milestone

Fadlillah, M. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs,& SMA/MA, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Hosnan, M. (2014) Pendekatan Saintifik dan Kontekstul dalam Pembelajaran Abad 21, Bogor: Ghalia Indonesia

Kurniasih, Asih dan Berlin Sani. (2014). Implementasi Kurikulum 2013; Konsep & Penerapan, Surabaya: kata pena

Latifatul, Mida. (2013). Muzamiroh, Kupas Tuntas Kurikulum 2013; Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum, Bandung: Kota Pena

Lubis, Rahmat Rifai,. et.all. (Juni 2019), Problematika Implementasi Scientific Approach dalam Pembelajaran Fikih (Studi Kasus Di MTs. PAI Medan), Jurnal Intiqad; Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, Vo. 11 No. 1 ISSN 1979-9950 (online), http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/intiqad,

Martin, David Jerner. (2006). Elementary Science Methods: A Constructivist Approach, USA: Thomson Wadsworth

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung : Remaja Rosdakarya

Mulyoto. (2013). Strategi Pembelajaran di Era Kurikulum 2013, Jakarta:Prestasi Pustaka Publisher

Noor Amirudin. (Tahun 2019) Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Digital, Proceeding Seminar Nasional Prodi PAI UMP ISBN 907-602-6697-31-8, 188

Rosyid, Moh. (2007) Pendidikan Life Skill, Kudus:STAIN Press

Wibowo, Djoko Rohadi. (2017). Pendekatan Saintifik dalam Membangun Sikap Kritis Siswa pada Pembelajaran Akidah Akhlak (Studi di MIN Yogyakarta II)”, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Vol. 4, No. 1

Zarkasi, Firdaus. (2009). Belajar Cepat dengan Diskudi, Surabaya: Indah

WAWANCARA DAN OBSERVASI

Hasil Observasi pada tanggal 17 juni 2021

Hasil observasi pada tanggal 24 juni 2021

Hasil wawancara bersama Bapak M.Syafi' Amrulloh pada tanggal 24 juni 2021

Hasil wawancara bersama siswa Adelia Trisna pada tanggal 24 juni 2021

Hasil wawancara bersama siswa Arkanul Iman pada tanggal 24 juni 2021

Hasil wawancara dengan Ibu Damayanti selaku Waka Kurikulum sekolah pada tanggal 15 juni 2021

Hasil wawancara dengan Ibu Maya Indah Lestari selaku Guru PAI sekolah pada tanggal 24 juni 2021

Hasil wawancara dengan pak Romdlon Mubarok selaku kepala sekolah pada tanggal 15 juni 2021

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Muhamad Kusyairi, & Ashari. (2024). PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA DARUL ULUM GRESIK. DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 66-83. Retrieved from https://dhabit.web.id/index.php/dhabit/article/view/91