PERAN GURU DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING PADA PERSERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL HIKMAH SINTANG KABUPATEN SINTANG

Authors

  • Riduan Universitas KH. Abdul Chalim Mojokerto Jawa Timur
  • Fadly Usman Universitas KH. Abdul Chalim Mojokerto Jawa Timur
  • Ashari Universitas KH. Abdul Chalim Mojokerto Jawa Timur

Keywords:

Peran Guru, Mengatasi Perilaku Bullying

Abstract

Hasil penelitian ini yaitu, Pertama, guru menyikapi perilaku bullying pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Al Hikmah Sintang Kabupaten Sintang, yaitu belum terlihat secara keseriusan dalam mengambil tindakan yang tepat terhadap pelaku bullying ini pada hal banyak pelaku bullying yang di lakukan siswa secara diam-diam tanpa sepengetahuan gurunya. Kedua, Guru mengatasi perilaku bullying pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah Sintang kurang efektif karena guru hanya mengunakan beberapa cara untuk mengatasi pelaku bullying yang mana cara guru mengatasinya dengan cara pemanggilan anak yang melakukan bullying saja tanpa memanggil korban untuk memita kejelasan yang sebenarnya dan juga tidak ada namanya pemanggilan orang tua yang dilakukan oleh pihak sekolah, serta tidak ada kerjasama pihak sekolah dan orang tua dalam mengatasi bullying ini. Ketiga, Kendala guru dalam mengatasi perilaku bullying pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah Sintang yaitu guru susah membedakan mana bullying dan mana tidak, guru sulit dalam menanamkan anti bullying kepada siswa, Sulitnya penanganan tindakan bullying yang hanya personal, Pengaruh lingkungan dan kebiasaan siswa yang menyebabkan siswa tidak ada efek jera, Kurangnya koordinasi antara guru dan orang tua yang menyebabkan sering terjadi bullying.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rizal, Syakina Ayesha. (2013) Hubungan Antara Bullying Terhadap Kepercayaan Diri Pada Siswa MAN Tlogo Blitar. Skripsi. UIN Maliki Malang.

Sejiwa. (2008). Bullying: Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta: PT. Grasindo.

Sumadi Suryasubrata, Metode Penelitian, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1998)

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Cet. 16. Bandung : Alfabeta.

JUNINDRA, Arespi, et al. Peran Guru terhadap Perilaku Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2022, 6.2: 11133-11138.

Bete, M. N., & ARIFIN, A. (2023). Peran Guru Dalam Mengatasi Bullying Di Sma Negeri Sasitamean Kecamatan Sasitamean Kabupaten Malaka. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 8(1), 15-25.

Firdaus, F. M. (2019). Upaya mengatasi bullying di sekolah dasar dengan mensinergikan program sekolah dan parenting program melalui whole-school approach. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 49-60.

Downloads

Published

2025-06-17

How to Cite

Riduan, Fadly Usman, & Ashari. (2025). PERAN GURU DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING PADA PERSERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL HIKMAH SINTANG KABUPATEN SINTANG. DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 97-112. Retrieved from https://dhabit.web.id/index.php/dhabit/article/view/126

Most read articles by the same author(s)