UPAYA KIAI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SANTRI MEMBACA KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN MAMBAUL KHAIRAT KABUPATEN KETAPANG KALIMANTAN BARAT
Keywords:
Upaya, Meningkatkan, Kemampuan, Membaca, Kitab KuningAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu, 1) untuk menganalisis bagaimana upaya kiai untuk meningkatkan kemampuan santri membaca kitab kuning; 2) Untuk menganalisi apa saja faktor yang mendukung dan menghambat untuk meningkatkan kemampuan santri membaca kitab kuning santri. Sedangkan jenis penelitian yang dimanfaatkan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus di Pondok Pesaantren Mambaul Khairat Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu, 1) Upaya kiai untuk meningkatkan kemampuan santri membaca kitab kuning ada 4 (empat) yaitu; Menyusun kurikulum pondok pesantren yang mengutamakan kitab kuning, Menerapkan sistem keinaikan kitab dan kelas, yaitu ula, wustha dan ulya, Menggunakan metode yang variatif dan strategi yang tepat dalam mengajar kitab kuning, Menyelenggarakan kompetisi atau lomba membaca kitab kuning (MQK) pada setiap menjelang akhirussanah pondok pesantren. 2) Faktor pendukung dan penghambat untuk meningkatkan kemampuan santri membaca kitab kuning adalah: Adanya dukungan penuh dari pimpinan pondok pesantren, terdapat tenaga pengajar kitab berpengalaman yang menguasai metode dan strategi mengajar cepat membaca kitab kuning, Memiliki sarana dan prasarana pesantren berupa ruang kelas, laptop, LCD proyektor dan pengeras suara. Adapun faktor penghambat untuk meiningkatkan keimampuan santri membaca kitab kuning adalah; Santri yang masuk pondok tidak meimiliki dasar membaca al qur’an yang baik, terjadinya penurunan semangat santri dalam belajar, 4) santri hanya mondok seilama 3 (tiga) tahun.
Downloads
References
Ainusyamsi, F. Y., & Husni, H. Perspektif Al-Qur’an tentang Pembebasan Manusia melalui Pendidikan Akhlak. (Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 2021), 9(1), 51-60.
Ali, Muhammad. 2004. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru algensindo.
Anisah, A, Dinamika Pendidikan Pesantren. (Fikrotuna, 2019), 10(02), 1271-1291
Arief, Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jaktra: Ciputat Press
B. Suryosubroto, 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Daradjat, Zakiah. 1995. Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Bandung: Ruhama
Depag RI. 2003. Pola Pembelajaran di Pesantren. Jakarta: Departemen Agama RI
Djamaluddin dan Abdullah Aly. 1998. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia
Hadi, Syamsul. Faktor yang Mempengaruhi Kualitas , http://hadirukiyah.blogspot.com.di akses tanggal 13 Desember 2024
Isjoni. 2006. Gurukah yang di Permasalahkan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ismunandar, A, Dinamika Sosial dan Pengaruhnya Terhadap Transformasi Sosial Masyarakat. Tarbawiyah (Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2020), 3(2), 205-219.
Khan, Shafique Ali. 2005. Filsafat Pendidikan al-Ghazali. Bandung: Pustaka setia
Kholili, A. N., & Fajaruddin, S, Manajemen strategik peningkatan mutu lembaga pendidikan Muhammadiyah di Kabupaten Gunungkidul, (Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 2020), 8(1) 53-69.
Lexy J. Moleong. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Marimba, Ahmad D. 1964. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Al-Ma’arif
Mariyana Rita, dkk. 2010. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana
Masni, H. Urgensi pendidikan dalam mengembangkan potensi diri anak. (Jurnal Ilmiah Dikdaya, 2018), 8(2), 275-286.
Masruroh, B., & Wathoni, S, Peran Kiai Dalam Perlindungan Sosial (Studi Kegiatan Yatiman Di Pondok Pesantren Al-Kholily Ma’unah Sari Pilang Sampung Ponorogo). (Journal of Community Development and Disaster Management, 2019), 1(2), 79-89
Munifah. 2009. Manajemen Pendidikan dan Implementasinya. Kediri: STAIN Kediri Press.
Nizarani, N., Kristiawan, M., & Sari, A. P, Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Pondok Pesantren. (Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains, 2020), 9(1), 37-44.
Ramayulis. 1998. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Cet. 16. Bandung : Alfabeta.
Syafe'i, I, Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter, Al-Tadzkiyyah, (Jurnal Pendidikan Islam, 2017), 8(1), 61-82.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.