STRATEGI PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB SMART SCHOOL PACET
Keywords:
Strategi Penanaman, Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, Anak Berkebutuhan KhususAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses strategi penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak berkebutuhan khusus di SLB Smart School Pacet, metode dan strategi yang digunakan dalam proses digunakan dalam proses strategi penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Objek penelitian ini dilaksanakan di SLB Samrt School Pacet. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Milles Huberman dengan tiga tahap yaitu, kondensasi data penyajian data, menggambarkan dan memverifikasi kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah ketekunan pengamatan, memperpanjang waktu penelitian di lapangan serta triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini berdasarkan rumusan masalah yang menunjukkan, Strategi penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam di SLB Smart School Pacet mencangkup empat strategi yaitu, keteladanan, pembiasaan, pendampingan khusus dan praktik ibadah. Sedangkan implikasi dari strategi penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak berkebutuhan khusus (tunarungu, tunagrahita dan autis) di SLB Smart School Pacet berdampak pada, sikap menghormati orang lain, mengembangkan karakter positif, menigkatkan keterampilan dan pengetahuan dan meningkatkan ibadah.
Downloads
References
Amin, M Maswardi. 2015. Pendidikan Karakter Anak Bangsa. Yogyakarta: Hak Cipta
Daud, Mohammad. 1998. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Departemen Agama RI. 1992. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Proyek Pengadaan Kitab Suci al-Qur’an
Dewangga, Nazam. 2013. Aji “el-Azmi? Payumi, The Miracle of Salat Tahajud Subuh & Salat Duha. Jakarta : Al Maghfiroh
Djadja Raharha, “Pendidikan Luar Biasa dalam Perspektif Dewasa”, Jurnal Jassi Anaku Vol. 9, No. 1, Tahun 2010
Dukes, Chris and Maggie Smith, 2009. Cara Menangani Anak Berkebutuhan Pendidikan Khusus: Panduan Guru dan Orang Tua. Jakarta: Indeks
Ema Ambarsari. 2018. Jurnal Peningkatan Kemandirian Anak Melalui Metode Pembiasaan Usia 4-5 Tahun di Taman Kanak-Kanak Mujahidin I, FKIP Universitas Tanjung Pura
Gerald Corey. 2007. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi, Bandung: Refika Aditama
Gunawan, Heri. 2014. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta
Haderani, “Peranan Keluarga Dalam Pendidikan Islam,” jurnal STAI Al- Washliyah Barabai XII, no. 24 (2019): 32–34
Hasbullah, M. 2015. Kebijakan Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Hasbullah. 2012. Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Hawi, Akmal. 2013. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Hondi Panjaitan, pentingay menghargai orang lain, Character Building Development Center, BINUS University, humaniora vol.5 No.1 April 2014: 93-94
Lukamn Ahmad Irfan, “Menyelesaikan Problem materi Belajar bagi Anak-anak Berkebutuhan Khsusu dengan Research and Development in Education”, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 11, No. 1, Tahun 2017, 70.
Ma’rufie, Sabil El-. 2010. Dahsyatnya Salat Duha. Bandung : PT Mizan Pustaka
Mahfani, M. Khalilurrahman. Al. 2007. Berkah Salat Duha. Jakarta: Wahyu Media
Misyuraidah. 2015. FIQH. Palembang : Grafika Telindo Press
Nurdin. 2019. “Implementasi Keteladanan Rasulullah Saw Berdasarkan Al-Qur’an Surat Al-Ahzab Ayat 21 Bagi Pendidik Era Milenial,” Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam vol. 1, no. 1
Nurmiati Marbun. 2021. Keteladanan Orangtua dan Guru dalam Pembentukan Karakter Anak Usia 0-6 Tahun” 3, no. 1
Nursalim. 2018. Ilmu Pendidikan suatu pendekatan Teoritis dan Praktiks. Depok: Rajawali Press
Prita Indriawati. Implementasi Kebijakan Tugas Guru Pembimbing Khusus pada Pendidikan Inklusif di SD Negeri se-Kecamatan Junrejo Batu. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan.
Robert A, Baron & Byrne. 2005. Psikologi Sosial, Jakarta: Erlangga
Roqib, Moh. 2016. Ilmu Pendidikan Islam, Pengembangan Pendidikan Integratif di sekolah,Keluarga, dan Masyarakat. Yogyakarta: LKIS Pelangi Aksara.
Saleh, Abdul Rachman. 2000. Pendidikan Agama dan Keagamaan. Jakarta: PT Gema Windu Pancaperkasa
Selamat Karo-karo dan Dahlia Panjaitan. 2020. Hubungan Keteladanan Guru Pak Dengan Pertumbuhan Spiritual Siswa", Jurnal Pendidikan Religius Vol. 2, no. 1
Shiddiqy, Hasby Ash. 2000. Kuliah Ibadah. Semarang : PT Pustaka Rizki Putra
Suprano. 2007. Pendidikan anak Berkebutuhan Khsusu. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.
Suryana, Ermis. 2019. Bimbingan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah. Palembang: CV. Amanah.
Tafsir, Ahmad. 2001. Ilmu Pendidikan Dalam Persektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Uyoh Sadulloh, dkk, 2018. Paedagogik (lmu Mendidik). Bandung: Alfabeta
W. J. S. Poerwadarminta, 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Wahyuni. 2015. Akhtim membentuk pribadi positif melalui pendidikan karakter di sekolah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.