STRATEGI PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB SMART SCHOOL PACET

Authors

  • Fitria Hendayani Universitas KH. Abdul Chalim Mojokerto Jawa Timur
  • Hayim Asy’ari Universitas KH. Abdul Chalim Mojokerto Jawa Timur
  • Ashari Universitas KH. Abdul Chalim Mojokerto Jawa Timur

Keywords:

Strategi Penanaman, Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, Anak Berkebutuhan Khusus

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses strategi penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak berkebutuhan khusus di SLB Smart School Pacet, metode dan strategi yang digunakan dalam proses digunakan dalam proses strategi penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Objek penelitian ini dilaksanakan di SLB Samrt School Pacet. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Milles Huberman dengan tiga tahap yaitu, kondensasi data penyajian data, menggambarkan dan memverifikasi kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah ketekunan pengamatan, memperpanjang waktu penelitian di lapangan serta triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini berdasarkan rumusan masalah yang menunjukkan, Strategi penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam di SLB Smart School Pacet mencangkup empat strategi yaitu, keteladanan, pembiasaan, pendampingan khusus dan praktik ibadah. Sedangkan implikasi dari strategi penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak berkebutuhan khusus (tunarungu, tunagrahita dan autis) di SLB Smart School Pacet berdampak pada, sikap menghormati orang lain, mengembangkan karakter positif, menigkatkan keterampilan dan pengetahuan dan meningkatkan ibadah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, M Maswardi. 2015. Pendidikan Karakter Anak Bangsa. Yogyakarta: Hak Cipta

Daud, Mohammad. 1998. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Departemen Agama RI. 1992. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Proyek Pengadaan Kitab Suci al-Qur’an

Dewangga, Nazam. 2013. Aji “el-Azmi? Payumi, The Miracle of Salat Tahajud Subuh & Salat Duha. Jakarta : Al Maghfiroh

Djadja Raharha, “Pendidikan Luar Biasa dalam Perspektif Dewasa”, Jurnal Jassi Anaku Vol. 9, No. 1, Tahun 2010

Dukes, Chris and Maggie Smith, 2009. Cara Menangani Anak Berkebutuhan Pendidikan Khusus: Panduan Guru dan Orang Tua. Jakarta: Indeks

Ema Ambarsari. 2018. Jurnal Peningkatan Kemandirian Anak Melalui Metode Pembiasaan Usia 4-5 Tahun di Taman Kanak-Kanak Mujahidin I, FKIP Universitas Tanjung Pura

Gerald Corey. 2007. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi, Bandung: Refika Aditama

Gunawan, Heri. 2014. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta

Haderani, “Peranan Keluarga Dalam Pendidikan Islam,” jurnal STAI Al- Washliyah Barabai XII, no. 24 (2019): 32–34

Hasbullah, M. 2015. Kebijakan Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Hasbullah. 2012. Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Hawi, Akmal. 2013. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Hondi Panjaitan, pentingay menghargai orang lain, Character Building Development Center, BINUS University, humaniora vol.5 No.1 April 2014: 93-94

Lukamn Ahmad Irfan, “Menyelesaikan Problem materi Belajar bagi Anak-anak Berkebutuhan Khsusu dengan Research and Development in Education”, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 11, No. 1, Tahun 2017, 70.

Ma’rufie, Sabil El-. 2010. Dahsyatnya Salat Duha. Bandung : PT Mizan Pustaka

Mahfani, M. Khalilurrahman. Al. 2007. Berkah Salat Duha. Jakarta: Wahyu Media

Misyuraidah. 2015. FIQH. Palembang : Grafika Telindo Press

Nurdin. 2019. “Implementasi Keteladanan Rasulullah Saw Berdasarkan Al-Qur’an Surat Al-Ahzab Ayat 21 Bagi Pendidik Era Milenial,” Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam vol. 1, no. 1

Nurmiati Marbun. 2021. Keteladanan Orangtua dan Guru dalam Pembentukan Karakter Anak Usia 0-6 Tahun” 3, no. 1

Nursalim. 2018. Ilmu Pendidikan suatu pendekatan Teoritis dan Praktiks. Depok: Rajawali Press

Prita Indriawati. Implementasi Kebijakan Tugas Guru Pembimbing Khusus pada Pendidikan Inklusif di SD Negeri se-Kecamatan Junrejo Batu. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan.

Robert A, Baron & Byrne. 2005. Psikologi Sosial, Jakarta: Erlangga

Roqib, Moh. 2016. Ilmu Pendidikan Islam, Pengembangan Pendidikan Integratif di sekolah,Keluarga, dan Masyarakat. Yogyakarta: LKIS Pelangi Aksara.

Saleh, Abdul Rachman. 2000. Pendidikan Agama dan Keagamaan. Jakarta: PT Gema Windu Pancaperkasa

Selamat Karo-karo dan Dahlia Panjaitan. 2020. Hubungan Keteladanan Guru Pak Dengan Pertumbuhan Spiritual Siswa", Jurnal Pendidikan Religius Vol. 2, no. 1

Shiddiqy, Hasby Ash. 2000. Kuliah Ibadah. Semarang : PT Pustaka Rizki Putra

Suprano. 2007. Pendidikan anak Berkebutuhan Khsusu. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Suryana, Ermis. 2019. Bimbingan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah. Palembang: CV. Amanah.

Tafsir, Ahmad. 2001. Ilmu Pendidikan Dalam Persektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Uyoh Sadulloh, dkk, 2018. Paedagogik (lmu Mendidik). Bandung: Alfabeta

W. J. S. Poerwadarminta, 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Wahyuni. 2015. Akhtim membentuk pribadi positif melalui pendidikan karakter di sekolah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Downloads

Published

2025-06-17

How to Cite

Fitria Hendayani, Hayim Asy’ari, & Ashari. (2025). STRATEGI PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB SMART SCHOOL PACET. DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 62-80. Retrieved from https://dhabit.web.id/index.php/dhabit/article/view/124

Most read articles by the same author(s)