PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBANGUN MODERASI BERAGAMA DI SDN 31 PONTIANAK UTARA KALIMANTAN BARAT
Keywords:
Peran, PAI, Moderasi BeragamaAbstract
Tujuan penelitian ini untuk membangun sikap moderasi beragama dilingkungan sekolah khususnya di dalam kelas dan lingkungan masyarakat dengan harapan membangun sikap toleransi dengan teori Abdullah Saeed tentang Islamic Thought: An Introduction. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, Teknik pengumpulan data dilkakukan dengan cara observasi secara langsung, wawancara mendalam dengan informan inti serta dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, display data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Guru Pendidikan Agama Islam dengan menanamkan Nilai-nilai Moderasi hal ini berfungsi sebagai pengenalan bagi siswa terkait dengan moderasi beragama. Guru PAI di SD 31 Pontianak Utara menanamkan nilai-nilai moderasi menjadikan siswa mempunyai karakter toleransi terhadap sesama, selain itu guru PAI memainkan peran sebagai fasitator dalam membangun karakter siswa terkait dengan nilai-nilai moderasi beragama. Guru PAI membangun nilai-nilai moderasi beragama dengan memberikan pengajarkan pada siswa tentang menghormati perbedaan agama, menjaga sikap tenggang rasa, dan mempromosikan kerukunan antarumat beragama, hal ini dilakukan dengan strategi mengintegrasi nilai-nilai moderasi beragam dalam kurikulum, hal ini dilakukan agar nilai-nilai moderasi beragama dapat tersampaikan dengan baik sehingga berdampak positif pada siswa dalam kehidupan keberagaman.
Downloads
References
A. Astuti, P., & Sudarsono, (2019) “Multikulturalisme Dalam Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar.,” Jurnal Pendidikan Karakter, 9, no. 1: 77-88.
A. Fauzan. 2018. Pendidikan Islam Di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana
A. Hamid. 2016. Manajemen Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
A. R. Asy’ari. 2018. “Pendidikan Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Agama Islam Di Sekolah Dasar.,” Jurnal Pendidikan Islam, 3, no. 2 : 205-220.
A. Suyanto, M., & Munandar, Pendidikan Multikultural: Pemahaman, Karakteristik, Strategi, Dan Model Pendidikan. (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada., 2016).
E Mulyasa. 2017. Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Faishal Busthomi, “Aktualisasi Pendidikan Moderasi Beragama Siswa Kelas 6 Di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 4 Banyuwangi,” Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 2 (2023): 331–41, https://doi.org/10.34005/tahdzib.v6i2.3422.
Hasan Albana, “Implementation of Religious Moderation Education in High Schools,” Jurnal SMaRT 9, no. 1 (2023): 49–64.
M. A. Abdullah, Pendidikan Multikultural: Konsep Dan Implementasinya Di Sekolah. (Jakarta: RajaGrafindo Persada., 2017).
M. I. Dahlia, R., & Farisi, Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar: Konsep, Model, Dan Implementasi. (Yogyakarta: Deepublish., 2019).
Munjidah and Muh. Hanif, “Kekerasan Dalam Dunia Pendidikan (Studi Peran Dalam Mencegah Bullying Di SDN 2 Kalikesur Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas),” Jurnal Kependidikan 10, no. 2 (2022): 301–24, https://doi.org/10.24090/jk.v10i2.8201.
N. S. Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya., 2017).
R. Hidayat, Pendidikan Multikultural: Konsep Dan Implementasi Di Sekolah. (Jakarta: Kencana., 2018).
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Cet. 16, (Bandung : Alfabeta, 2012), 246
T. Harianja, D., & Fatwa, Pendidikan Multikultural: Landasan Konseptual Dan Praktik Di Sekolah. (Jakarta: Kencana, 2017).
T. Nata, A., & Syam, Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar: Konsep, Model, Dan Implementasi. (Bandung: Alfabeta, 2019).
U. Flick, The SAGE Handbook of Qualitative Data Analysis. (Sage Publications., 2018).
WAWANCARA
Eg, Wawancara mandalam terkait dengan membangun moderasi beragama. 02,02. 08:00 WIB.
La, “Wawancara Mendalam Terkait Dengan Membangun Moderasi Beragama, 02,02. 13:00 Wib” (2024).
Eg, Wawancara mandalam terkait dengan membangun moderasi beragama. 02,02. 08:00 WIB.
La, Wawancara mendalam terkait dengan membangun moderasi beragama, 02,02. 13:00 Wib.
Rw, “Wawancara Mendalam Terkait Dengan Moderasi Beragama, 08,02. 08:00 Wib” (2024).
Rn, Wawancara Mendalam Terkait Dengan Moderasi Beragama, 08,02. 10:00 Wib, 2024.
Vn, “Wawancara Mendalam Terkait Dengan Moderasi Beragama, 03,02. 13:00 Wib” (2024).
La, Wawancara mendalam terkait dengan membangun moderasi beragama, 02,02. 13:00 Wib.
Ap, “Wawancara Mendalam Terkait Dengan Moderasi Beragama, 03,02. 08:00 Wib” (2024).
La, Wawancara mendalam terkait dengan membangun moderasi beragama, 02,02. 13:00 Wib.
Eg, Wawancara mandalam terkait dengan membangun moderasi beragama. 02,02. 08:00 WIB.
Ap, Wawancara mendalam terkait dengan moderasi beragama, 03,02. 08:00 Wib.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.