MEMAKSIMALKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PAI DI ERA PANDEMI COVID-19 DENGAN ZOOM MEETING
Keywords:
Keaktifan Belajar, Hasil Belajar, Zoom Cloud MeetingAbstract
Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti memegang peranan penting dalam pembentukan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang mantap. Pembentukan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang mantap ini akan tercapai secara maksimal jika ada keaktifan peserta didik secara maksimal juga dalam mengikuti pembelajaran di dalam kelas. Dalam kondisi Pandemic Covid-19 di mana peserta didik mengikuti pembelajaran secara daring (Pembelajaran Jarak Jauh), maka perlu diupayakan bagaimana memunculkan keaktifan peserta didik di dalam kelas virtual, di antaranya dengan menggunakan aplikasi Video Conference Zoom Cloud Meeting. Keunggulan aplikasi ini dibanding yang lain adalah di dalamnya terdapat menu/fitur Breakout Room yang memungkinkan peserta didik berdiskusi dan bekerja sama secara aktif bersama-sama dengan teman-teman sekelompoknya. Dari hasil Pembelajaran Jarak Jauh dengan Video Conference Zoom Cloud Meeting berbantu aplikasi penilaian Google Form diketahui bahwa keaktifan dan pengetahuan peserta didik pada materi shalat berjamaah dapat mencapai hasil yang maksimal. Hal ini dibuktikan dengan hasil evaluasi belajar secara daring sebagai berikut. Semula, dari 31 peserta didik yang mengikuti pembelajaran dan mengerjakan evaluasi hanya 29 peserta didik, 11 (37,93 %) peserta didik tuntas, 18 ( 62,07 %) peserta didik tidak tuntas, dan rata-rata nilai kelas tersebut adalah 71,38. Kemudian setelah dilaksanakan pembelajaran dengan Video Conference Zoom Cloud Meeting, dari 31 peserta didik yang mengikuti evaluasi, nilai tuntas sebanyak 25 anak (80,65 %), tidak tuntas sebanyak 6 anak (19,35%), dan rata-rata nilai kelas tersebut adalah 83,13. Adapun keaktifan peserta didik pada saat dilaksanakannya kegiatan pembelajaran dengan Video Conference Zoom Cloud Meeting mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini bisa dilihat dari jumlah peserta didik yang bertanya, yang menjawab pertanyaan teman, yang memberikan tanggapan atas hasil presentasi temannya, yang semula masing-masing 2, 0, 0, dan 0 peserta didik, menjadi 13, 6, 12, dan 6 peserta didik. Bahkan beberapa peserta didik juga pro aktif menanyakan lebih lanjut tentang beberapa tugas yang nantinya sebagai bahan tagihan pembelajaran pada materi terkait.
Downloads
References
Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam masa darurat penyebaran virus Corona. Menteri Pendidikan dan Kebudayan Nadiem Makarim. 24 Maret.
Hasanah, Uswatun. (2020). Manfaat Video Konferensi Dan Google Formulir Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi. Diunduh pada 25 November 2020, dari https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/manfaat-vidio-konferensi-dan-gougle-formulir-dalam-pembelajaran-jarak-jauh-di-masa-pandemi-coronavirus-19-covid-19/
Ismail SM. 2008 Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan, Semarang: RASAIL Media Group
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-ruzz Media
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.