MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PESERTA DIDIK KELAS VII I SMPN 14 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Siti Khodijatus Sholihah SMPN 14 Semarang, Jawa Tengah

Keywords:

Keaktifan, Hasil Belajar, Model Problem Based Learning.

Abstract

Selama 2 bulan berjalan setelah guru (peneliti) mengajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP), dijumpai tingkat keaktifan dan hasil belajar peserta didik masih rendah. Ditunjukkan dengan tingkat keaktifan peserta didik yang masih sebanyak 75% dan nilai hasil belajar peserta didik yang belum tuntas sebesar 41%. Dengan alasan inilah, maka penulis melakukan upaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan strategi pembelajaran Problem Based Learning atau Pembelajaran Berbasis Masalah. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 14 Semarang, pada Maret dan April 2022. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik di kelas VII I SMP Negeri 14 Semarang sebanyak 32, terdiri atas 13 peserta didik laki-laki dan 19 peserta didik perempuan. Sedangkan objek/fokus dari penelitian ini adalah keseluruhan proses pembelajaran dengan penggunaan strategi pembelajaran Problem Based Learning atau Pembelajaran Berbasis Masalah pada mata pelajaran PAI.Metode pengumpulan data melalui pendekatan observasi dan tes tertulis. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif prosentase. Hasil analisis data secara deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar atau nilai rata-rata peserta didik pada kondisi awal adalah 66, dengan prosentase ketuntasan sebesar 41%. Hasil ini tentu saja masih sangat kurang, karena nilai rata-ratanya masih jauh di bawah KKM (=71) dan prosentase ketuntasannya juga masih sangat jauh dari 85%. Akan tetapi, hasil belajar pada setiap siklus terus mengalami peningkatan, nilai rata-ratanya yang semula 66 pada kondisi awal, menjadi 74 pada siklus I, dan menjadi 82 pada siklus II. Sedangkan prosentase ketuntasan kelas juga mengalami peningkatan, yang semula 46pokFKiNH52ZK1W64wsWVH1Z2t2gueuTcj2xWWp3QCtAWGhC4m6WsQ7Sou6AtzEzrfTkoPy2ibAyA9vWsdsnRscRcX7bVysiklus II ini membuktikan bahwa keaktifan dan hasil belajar peserta didik terbukti dapat meningkat dengan digunakannya model pembelajaran Problem Based Learning atau Pembelajaran Berbasis Masalah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends, R. I. (2007). Learning to Teach Seventh Edition. New York: The. McGraw Hill Companies.

Barrett, T. (2011). New Approaches to Problem Based Learning. Dublin: University College Dublin.

Boud, D. (2010). Problem Based Learning in Education for the Profession. Australia: Higher Education Research adng Development Society of Australia.

Fajri, E. Z., & Aprilia, S. R. (2014). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Difa Publisher.

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mulyana, A. (2018, Maret 05). Langkah-Langkah Pembelajaran Berbasis Masalah. Retrieved from ainamulyana.blogspot.com: http://ainamulyana.blogspot.com/2018/03/langkah-langkah-pembelajaran-berbasis.html

Oon Seng, Tan (2003). Problem Based Learning Innovation: Using Problem to Power Learning in 21st Century. Singapore: Thompson Learning.

Sardiman A.M. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Senja, E. Z. (2014). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Difa Publisher.

Sriyono. (2017, Desember 14). prestasi-belajar. Retrieved from ipotes.wordpress.com: http://ipotes.wordpress.com/2008/05/24/prestasi-belajar/

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Siti Khodijatus Sholihah. (2022). MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PESERTA DIDIK KELAS VII I SMPN 14 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 106 - 114. Retrieved from https://dhabit.web.id/index.php/dhabit/article/view/46