MODIFIKASI CARD SORT TINGKATKAN PEMAHAMAN TAJWID MATERI LAM TA’RIF
Keywords:
Modifikasi Card Sort, Pemahaman Tajwid, Lam Ta’rifAbstract
Analisis hasil formatif mapel PAIBP pada elemen Al-Qur’an Hadis, dengan tujuan pembelajaran peserta didik dapat membaca Q.S. an-Nisa/4: 59 dan Q.S. an-Nahl/16: 64 sesuai kaidah ilmu tajwid, khususnya hukum bacaan Lam Ta’rif adalah sangat rendah. Hal tersebut ditunjukkan oleh fakta: dari 29 peserta didik yang mengikuti penilaian formatif memperoleh nilai di bawah KKTP ada 75% atau sebanyak 22 peserta didik, dan yang memperoleh nilai di atas KKTP ada 25% atau sebanyak 7 peserta didik. Dari analisis masalah tersebut, strategi awal Inquiry Learning menurut asumsi penulis kurang tepat diterapkan, buktinya beberapa peserta didik belum terlibat secara aktif. Oleh karena itu, penulis mencari inovasi baru, yaitu menggunakan model yang diduga tepat, yakni model pembelajaran Active Learning tipe Modifikasi Card Sort. Hasilnya ternyata sangat mencengangkan. Hampir seluruh peserta didik telah bisa memberikan informasi secara komunikatif mengenai konsep Lam Ta’rif, mengklasifikasi huruf-hurufnya, mengidentifikasi dan menganalisis contoh-contohnya, hingga menyimpulkan ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh Alif Lam Syamsiyah maupun Alif Lam Qamariyah. Bahkan, hasil yang mencengangkan tersebut juga dapat dilihat dari hasil belajarnya setelah dilakukan evaluasi formatif. Berdasarkan kondisi awal yang semula belum mencapai KKTP ada 75% atau sebanyak 22 peserta didik, dan telah mencapai KKTP ada 25% atau sebanyak 7 peserta didik, berubah menjadi 90% telah mencapai KKTP (26 peserta didik), dan hanya 10% belum mencapai KKTP (3 peserta didik). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model/strategi Modifikasi Card Sort terbukti bisa meningkatkan pemahaman tajwid peserta didik.
Downloads
References
Sutikno, M. Sobry (2019). Metode & Model-Model Pembelajaran Menjadikan Proses Pembelajaran Lebih Variatif, Aktif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan. Lombok: Holistica.
Lampiran II SK BSKAP No. 33 Tahun 2022 tentang Capaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah pada Kurikulum Merdeka. 23 Juni
Chidlir, Yandi dan Putra (Ed.) (2023). Mengenal Pentingnya Pengembangan Kompetensi 4C dalam Pembelajaran Era Digital. Guru Inovatif: Redaksi Guru Inovatif. Diunduh pada 2 Juni 2023, dari https://guruinovatif.id/@redaksiguruinovatif/mengenal-pentingnya-pengembangan-kompetensi-4c-dalam-pembelajaran-era-digital#:~:text=Kompetensi%204C%20
Afni, Khairina, Mardiati, Dewi Rulia Sitepu, Ice Wirevenska, Lilis Saputri, dan Regina Sabariah Sinaga. (2022). Model Pembelajaran Inovasi. Sleman : Deepublish Budi Utama
.
Sapariyah, Siti. (2019). “Peningkatan Prestasi Belajar Akidah Akhlak Menggunakan Metode Card Sort Siswa Kelas Tiga MI Ma’arif Sanggreman II Rawalo Banyumas Tahun Pelajaran 2008/2009”, Skripsi (Semarang: Tarbiyah IAIN Walisongo). Diunduh pada 2 Juni 2023 dari https://www.juragandesa.net/2019/11/kelebihan-dan-kekurangan-metode-cart.html
El-Mahfani, Khalilurrahman dan Kristina. (2022). "16 Hukum Tajwid dan Contohnya, dari Nun Sukun hingga Qalqalah" (detikEdu: detikpedia). diunduh pada 2 Juni 2023, dari https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6253252/16-hukum-tajwid-dan-contohnya-dari-nun-sukun-hingga-qalqalah
Miftahul Jannah, Muhammad Zulhariadi, dan Wiwik Helni. (2017). Pengaruh Metode Card Sort Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran IPA MTs NW Semaya Tahun Pelajaran 2016/2017. Diunduh pada 3 Juni 2023, dari http://ejournal.unwmataram.ac.id/bios/article/download/88/50/
Edma Kumala Sari, M. Yusuf Setia Wardana, dan Mei Fita Asri Untari. (2022) Strategi Pembelajaran Card Sort Terhadap Hasil Belajar. Diunduh pada 3 Juni 2023, dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/19401/11469/28469
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.