QUESTION STUDENT HAVE MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SEJARAH MASA BANI ABASIYAH
Keywords:
Question Student Have, Hasil Belajar, SKI, Sejarah, PAIBPAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi Sejarah Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Masa Abasiyah di SMP Negeri 1 Buaran Kabupaten Pekalongan melalui metode Question Student Have (QSH). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru mapel PAIBP. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, yang sebelumnya ada prasiklus yang kemudian masing-masing siklus terdiri dari 4 komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah angket, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan dalam 3 tahap yaitu reduksi, penyajian data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (a) metode QSH dapat meningkatkan minat belajar siswa, (b) Penggunaan metode QSH dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I meningkat dari prasiklus yaitu 69,69 menjadi 82,03, kemudian rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yang sebesar 82,03 meningkat lagi menjadi 85,78 pada siklus II.
Downloads
References
Abdul Ghani JN, dkk. Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI: Studi Kasus di SD Plus Kasih Ibu. Maktabun: Jurnal Perpustakaan dan Informasi Vol. 2, No. 1, 2022. 42-47.
Asnidar. Metode Pembelajaran Tarikh (Sejarah Peradaban Islam) Question Student Have. Jurnal Literasiologi. Vol. 8, No. 4, Juli-desember 2022. 11-19
Dwi Susilowati. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Jurnal Edunomika, Vol. 02, No. 01 (Februari 2018). 36-46.
Mubariyono, 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Memahami Teks dan Cerita Anak Bacaan Dengan Menggunakan Model Kooperatif Make A Match Pada Siswa Kelas VI SDN Barjarsari Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Edukasia, Vol. Khusus Hardiknas Jilid 6 (Mei 2019). 613-618
Nanik Sulistiyana. Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Materi Pangkat Tak Sebenarnya Dan Bentuk Akar Menggunakan Media Pembelajaran Kartu Domino Pada Siswa Kelas IX-B SMP Negeri 1 Ngaringan Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Edukasia, Vol. Khusus Hardiknas Jilid 6 (Mei 2019). 619-627.
Nurmala Sari, dkk. Implementasi Metode Pembelajaran Question Student Have dan Metode Pembelajaran Brainstorming Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Journal On Teacher Education. Vol. 4 No. 2 Tahun 2022. Hal. 90-96
Wahyuningsih, Endang Sri. 2020. Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta. Deepublish
Windi Wiliawanto, dkk. Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Question Student Have Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMK. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 3 No. 1, Mei 2019, pp 136-145.
Yusinta Tia Rusdiana, dkk. Pengaruh Model Question Student Have (QSH) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Palembang Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Artefak, Vol 9 No. 1 April 2022. 85-92
Zumaroh, Mudahnya Belajar SKI Dengan Question Student Have. Radar Semarang : Jawa Pos. Rabu, 22 April 2020 @06:36 WIB
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.