PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS BANDICAM DENGAN PENDEKATAN EKSPOSITORI PADA PELAJARAN PAI MATERI MEMAHAMI BAHAYA MENGONSUMSI MINUMAN KERAS, JUDI, DAN PERTENGKARAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BUARAN PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Budi Prasetya SMP Negeri 1 Buaran Kab. Pekalongan

Keywords:

pendidikan agama Islam, pendekatan ekspositori, bandicam

Abstract

Penggunaan video pembelajaran yang direkam melalui aplikasi bandicam bisa dijadikan cara untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PAI. Aplikasi bandicam merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat video pembelajaran dimana seorang guru bisa menjelaskan materi dengan direkam dengan aplikasi bandicam ini. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, penelitian, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode analisis data deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh peserta didik pada akhir siklus I adalah 74,53 dengan jumlah peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 21 anak (84,37%), kemudian pada akhir siklus II rata-rata nilai peserta didik meningkat menjadi 81,03 dan sebanyak 31 anak (96,87%) berhasil mencapai nilai KKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fajariyah, E.L. (2017). Penerapan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 01 Sumberejo Kotagajah Tahun Pelajaran 2016/2017. 11(1), 92-105.

Hidayat, dkk. (2012). Pengaruh Pemberian Assesment Essay Terhadap Pencapaian Kompetensi Peserta didik Dalam Pembelajaran Fisika Menggunakan Pendekatan Ekspositori dan Inquiri kelas XI IA SMA N 1 Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota: Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, hal. 1-13.

Moleong, Lexi. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Rahmawati, Fitriana. (2011). Pengaruh Pembelajaran Geometri dengan Pendekatan Induktif. Edumatica. Vol. 01. No. 02, hal. 74-75.

Samsu. (2017). Metode Penelitian: Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development. In : Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan: Jakarta: Prenada Media Group.

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.

Zuriana, dkk. (2021). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran menggunakan Bandicam dalam masa New Normal Bagi Guru SDIT Insantama. Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 2021: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya, hal 1-6.

Downloads

Published

2022-09-23

How to Cite

Budi Prasetya. (2022). PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS BANDICAM DENGAN PENDEKATAN EKSPOSITORI PADA PELAJARAN PAI MATERI MEMAHAMI BAHAYA MENGONSUMSI MINUMAN KERAS, JUDI, DAN PERTENGKARAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BUARAN PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 74-78. Retrieved from https://dhabit.web.id/index.php/dhabit/article/view/40