DISCOVERY LEARNING TINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI KHUTBAH, TABLIGH, DAN DAKWAH
Keywords:
discovery learning, hasil belajar, khutbah, tabligh dan dakwahAbstract
Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI seharusnya tinggi, karena hal itu mencerminkan tingkat pemahaman agama siswa. Pemahaman agama yang baik akan bermanfaat sebagai tuntunan perilaku keberagamaan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Faktanya hasil belajar siswa di SMAIT Ibnu Abbas Klaten masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar PAI pada materi Khutbah, Tabligh, dan Dakwah. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas dengan 3 siklus. Subjek sebanyak 32 siswa kelas XI MIPA4. Indikator kinerja adalah bahwa tindakan dikatakan berhasil jika siswa mencapai ketuntasan belajar minimal (KKM) sebanyak minimal 90% jumlah siswa. KKM yang ditetapkan adalah 70. Pengumpulan data dilakukan dengan tes pengetahuan hasil belajar siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada materi khutbah, tabligh dan dakwah dengan menggunakan model Discovery Learrning mengalami peningkatan pada setiap siklus, ditunjukkan dengan jumlah siswa yang tuntas secara berturut-turut siklus 1 (71,875%), siklus 2 (84,375%) dan siklus 3 (96,875%). Adapun nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan secara berturut-turut siklus 1 (76,21), siklus 2 (80,03) dan siklus 3 (87,53). Hal tersebut menunjukkan penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mempelajari materi Khutbah, Tabligh dan Dakwah.
Downloads
References
Abdjul, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Buntulia. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 343. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.343-348.2022
Ardiantari, M. N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 3 Samarinda. SISTEMA: Jurnal Pendidikan, 03(01),34–45.https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/sjp/article/view/997%0A https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/sjp/article/download/997/524
Fikri, A. (2021). Reward Dan Punishment Dalam Persfektif Pendidikan (Implementasi Reward Dan Punishment Dalam Proses Kegiatan Pembelajaran). Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Islam, 1(1), 1–16.
Fitriana, F. (2019). Penerapan Model Discovery Learning pada Pembelajaran IPA Materi Tekanan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 5(2), 100. https://doi.org/10.33394/jk.v5i2.1805
Hasniati. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Materi Membiasakan Perilaku Terpuji Melalui Strategi Prediction Guide Siswa Kelas III SDN 003 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 6(September), 379–388.
Iskandar, K., Khusniyah, E., & Anam, S. (2021). Relevansi Reward dan Punishment dalam Proses Pembelajaran. Journal of Education and Religious Studies, 1(02), 70–75. https://doi.org/10.57060/jers.v1i02.27
Kurniasih, I., & Sani, B. (2017). Lebih Memahami Konsep dan Proses Pembelajaran, Implementasi dan Praktek dalam Kelas. Kata Pena.
Marimba, A. D. (2000). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Nawawi, H. (2000). Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas. Haji Mas Agung.
Ningrum, E. (2014). Penelitian Tindakan Kelas: Panduan Praktis dan Contoh. Penerbit Ombak.
Nurrokhmah, S. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar PPKN Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Siswa Kelas XI-1 IPA SMA Negeri I Penajam Paser Utara. Khazanah Pendidikan-Jurnal Ilmiah Kependidikan (JIK), 17(1), 337–348.
Nuryaningsih, W. D. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Berkolaborasi Google Classroom dan WhatsApp Group untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa dalam Menulis Teks Eksplanasi. Jurnal Paedagogy, 8(2), 159. https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3540
RI, M. A. (2019). Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 184 Tahun 2019 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Madrasah. https://dki.kemenag.go.id/produk-hukum/keputusan-menteri-agama-kma
Setiawan, I. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas XII IPS 2 SMAN 1 Ciledug Cirebon. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(4), 171–177. https://doi.org/10.52436/1.jpti.157
Sholihah, S. K. (2022). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Pai Melalui Model Problem Based Learning Peserta Didik Kelas Vii I Smpn 14 Semarang. DHABIT: Jurnal Pendidikan Islam, 106–114. https://dhabit.web.id/index.php/dhabit/article/view/46
Suarni, G. L., Rizka, M. A., & Zinnurain, Z. (2021). Analisis Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Paedagogy, 8(1), 31. https://doi.org/10.33394/jp.v8i1.3226
Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (15th ed.). Remaja Rosdakarya.
Suhartini, I. (2021). Peningkatan hasil belajar “Beriman kepada Malaikat” menggunakan model discovery learning. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 238. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i2.4733
Susmiati, E. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Paedagogy, 7(3), 210. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732
Syafiyatul, M., Sulistiani, I. R., & Mustafida, F. (2019). VICRATINA?: Jurnal Pendidikan Islam Volume 4 Nomor 2 Tahun 2019. Vicratina, 4(1), 65–71.
Yulianti, I. (2022). Meningkatkan Efektivitas Dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Pelajaran Ekonomi Materi Pendapatan Nasional Di Kelas Xi Ips 2 / Smtr 1 Sma Negeri 4 Bandung Tahun Ajaran 2018 / 2019. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 1(2), 440–457. https://doi.org/10.58344/jmi.v1i2.47
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.