UPAYA MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PAI DENGAN MEMPERBAIKI FASILITAS DAN INFRASTRUKTUR DI SDN KRAPYAK GODEAN
Keywords:
Kepala Sekolah, PAI, Kerja Sama, Sarana Prasarana, Strategi, StekholderAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan utama untuk mengenali dan menganalisis langkah-langkah yang diterapkan oleh Kepala Sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar Negeri Krapyak Godean melalui pengembangan infrastruktur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dan data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan Kepala Sekolah, guru PAI, dan pihak-pihak terkait lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Sekolah telah menerapkan beberapa strategi yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI. Strategi tersebut mencakup perencanaan yang teliti dalam pengembangan infrastruktur, pengadaan bahan pembelajaran yang relevan, serta pelatihan dan pengembangan profesional bagi guru PAI. Selain itu, penggunaan teknologi pendidikan juga telah diterapkan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pembelajaran. Dalam upayanya meningkatkan kualitas pembelajaran PAI, Kepala Sekolah secara aktif melibatkan semua pihak yang terkait, termasuk dewan guru, orang tua siswa, dan komite sekolah. Kerjasama yang baik antara semua pihak ini menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung bagi siswa untuk memahami nilai-nilai agama dan karakter yang baik. Dengan demikian, strategi yang telah diterapkan oleh Kepala Sekolah di SD Negeri Krapyak Godean untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI melalui pengembangan infrastruktur telah memberikan dampak positif terhadap pemahaman siswa tentang Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi pada pengembangan pendidikan tingkat dasar dan menjadi referensi bagi sekolah lain dalam meningkatkan pembelajaran agama.
Downloads
References
Afrita, I., Imron, A., & Arifin, I. (2018). Manajemen Hubungan Sekolah Dengan Dunia Usaha Dan Industri Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Vokasional. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 313–319. https://doi.org/10.17977/um027v1i32018p313
Ariyanti, N. S., Supriyanto, A., & Timan, A. (2019). Kontribusi Kepala Sekolah Berdasarkan Ketidaksesuain Kualifikasi Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Sekolah. Nidhomul Haq?: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 157–168. https://doi.org/10.31538/ndh.v4i2.314
Asmendri, A. (2014). The Roles of School Principal in the Implementation of Character Education at Boarding School. Al-Ta Lim Journal, 21(2), 104–111. https://doi.org/10.15548/jt.v21i2.87
Hariyati, R. T. S. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informatika Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Keperawatan Indonesia, 9(1), 26–31. https://doi.org/10.7454/jki.v9i1.156
Jailani, M. (2022). Development of Arabic Learning Media Innovation from Neuroscience Perspective for Santri?: Implications in the Development of Intellectual Property Rights in Islamic Boarding Schools. AL-TA’LIM JOURNAL Faculty of Islamic Education and Teacher Training UIN Imam Bonjol Padang, 29(2), 150–163. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15548/jt.v29i2.734
Jailani, M., & Huda, M. (2022). Implementation of Neuroscience-Based Multiple Intelligences Theory?: To Improve the Intelligence of Students in Ma ’ had. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 14(2), 345–362. https://doi.org/10.24042/albayan.v14i2.12211
Jailani, M., & Ismunandar. (2022). IMPLEMENTASI HIGHER ORDER THINGKING BERBASIS NEUROSAIN: IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 8(2), 226–247. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
Kholis, N., Zamroni, Z., & Sumarno, S. (2014). Mutu Sekolah Dan Budaya Partisipasi Stakeholders. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(2), 130–142. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i2.2639
Kuncoro, M. (2006). Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Erlangga.
Lina, M., Suib, M., & Radiana, U. (2016). Pengelolaan Sekolah Adiwiyata oleh Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Pertama Negeri 02 Ngabang, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(10), 1–17.
Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Al-Jabar?: Jurnal Pendidikan Matematika. Al-Jabar?: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–186.
Mukti, N. (2018). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah. Jurnal Kependidikan, 6(1), 71–90. https://doi.org/10.24090/jk.v6i1.1697
Prasetiyo, E., & Baswedan, A. R. (2020). Implementation of character education by establishing a special task force in Muhammadiyah Karangkajen elementary school. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3), 121–127. https://www.scopus.com/inward/record.uri?eid=2-s2.0-85082724938&partnerID=40&md5=0884ba3a31c38e3918fc99555ded0c90
Rahman, A., & Subiyantoro, S. (2021). the Leardership Role of School Principals in Online Learning During the Covid-19 Pandemic. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 165–175. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i1.1805
Ratna Juwita, D. (2017). Peranan Orang tua sebagai anggota komite sekolah. Jurnal Meretas, 4 Nomor 1.
Siagian, P. S. (2004). Managemen Strategi. Bumi Aksara.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (1st ed.). Alfabeta.
Widodo, H. (2019). The Role of School Culture in Holistic Education Development in Muhammadiyah Elementary School Sleman Yogyakarta. Dinamika Ilmu, 19(2), 265–285. https://doi.org/10.21093/di.v19i2.1742
Ya’cub, M., & Ga’a, D. S. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Pengembangan Sarana Prasarana. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 60–69. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v2i2.67
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.