MELEWATI KENDALA: MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA YANG MENGHADAPI ASPD DI MTS N 5 KULON PROGO BERBASIS TEORI ARCS
Keywords:
Motivasi belajar, ASPD, ARCS, PAIAbstract
Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi motivasi belajar siswa serta strategi-strategi yang digunakan oleh madrasah untuk mendorong semangat belajar siswa dalam memahami materi Akidah Akhlak (ASPD). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan fokus pada fenomenologi, pedagogi, dan psikologi. Data dikumpulkan melalui rangkaian wawancara dengan Kepala Madrasah, Wakil Kepala Bidang Kurikulum, guru yang mengajar mata pelajaran Asesmen Standar Pendidikan Daerah, dan beberapa siswa. Hasil penelitian menunjukkan variasi dalam motivasi belajar siswa. Sebagian siswa menunjukkan antusiasme dan semangat tinggi dalam proses belajar, sementara yang lain kurang tertarik dan termotivasi. Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, guru mata pelajaran ASPD menerapkan teori motivasi ARCS. Pendekatan ARCS diterapkan melalui beberapa tahap. Pertama, pada tahap Perhatian, guru menyajikan materi dengan cara menarik, meningkatkan minat siswa, dan menggunakan beragam metode pengajaran dan media pembelajaran. Kedua, pada tahap Relevansi, guru menekankan pentingnya materi yang dipelajari dalam hubungannya dengan kebutuhan dan minat siswa. Ketiga, pada tahap Keyakinan, guru meningkatkan kepercayaan diri siswa dengan memberikan dukungan dan penguatan positif yang tepat. Terakhir, pada tahap Kepuasan, guru menciptakan lingkungan belajar yang memotivasi dengan memberikan pujian secara lisan maupun non-lisan, serta memberikan penghargaan atas pencapaian siswa. Dengan menggunakan pendekatan ARCS, madrasah berhasil menciptakan suasana belajar yang mendorong siswa untuk aktif belajar dan berperan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini memberikan wawasan tentang strategi motivasi yang efektif dalam mengatasi kendala pembelajaran seperti materi Akidah Akhlak (ASPD), dan dapat dijadikan pedoman bagi lembaga pendidikan lain dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
Downloads
References
Aditoni, A., and Rohmah, Z. (2022). Campus-Based Millennials’ Learning Preferences Toward Da’Wah in Urban City of Surabaya. Journal of Indonesian Islam, 16(1), 27–48. https://doi.org/10.15642/JIIS.2022.16.1.27-48
Aflisia, N., Ahmad E.Q, N., and Suhartini, A. (2021). The Urgency of Theological Foundations in Islamic Education in the Industry Era 4.0 towards the Society Era 5.0. International Journal of Education Research and Development, 1(1), 60–77. https://doi.org/10.52760/ijerd.v1i1.4
Ahmad Syauqi Fuady. (2019). Relevansi Pemikiran Pendidikan Mohammad Hatta Terhadap Pendidikan Islam di Indonesia. Uhamka: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(November), 43–51.
Akhmad, B. A. (2020). Disparities in Health Communication of the Groups of Mosques in Responding to the Covid-19 Pandemic in Banjarmasin, South Kalimantan. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 5(1), 10–17. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25008/jkiski.v5i1.371
Asmendri, A. (2014). The Roles of School Principal in the Implementation of Character Education at Boarding School. Al-Ta Lim Journal, 21(2), 104–111. https://doi.org/10.15548/jt.v21i2.87
Charis, I., and Nuryansah, M. (2015). Pendidikan Islam dalam Masyarakat Madani Indonesia. MUDARRISA: Journal of Islamic Education, 7(2), 256. https://doi.org/10.18326/mdr.v7i2.755
Cleopatra, M. (2015). Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), 168–181. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i2.336
Diana, R. R., Chirzin, M., Bashori, K., Suud, F. M., and Khairunnisa, N. Z. (2021). Parental engagement on children character education: The influences of positive parenting and agreeableness mediated by religiosity. Cakrawala Pendidikan, 40(2), 428–444. https://doi.org/10.21831/cp.v40i2.39477
Hidayah, N., Suyadi, Akbar, S. A., Yudana, A., Dewi, I., Puspitasari, I., … Wat, D. E. (2019). Pendidikan Inklusi dan Anak Berkebutuhan Khusus.
Hidayati, A., and Jailani, M. (2023). Urgensi Pembelajaran Menerjemah Arab Indonesia Sebagai Aset dalam Dunia Bahasa Arab. Jurnal Matluba: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 1(01), 90–105. Retrieved from https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/matluba
Jailani, M. (2022). Development of Arabic Learning Media Innovation from Neuroscience Perspective for Santri?: Implications in the Development of Intellectual Property Rights in Islamic Boarding Schools. AL-TA’LIM JOURNAL Faculty of Islamic Education and Teacher Training UIN Imam Bonjol Padang, 29(2), 150–163. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15548/jt.v29i2.734
Jailani, M. (2023). Meneguhkan Inovasi Pendidikan dalam Diskursus Al-Qur’An: Kebermanfaatannya di Sekolah-Madrasah di Indonesia. Tanzil: Jurnal Studi Al-Quran, 5(2), 151–170. https://doi.org/10.20871/tjsq.v5i2.252
Main, A. (2019). Khazanah pendidikan akhlak. BDK Surabaya, XII, 1–15.
Mia Umi Sholihah. (2020). Penerapan Pendidikan Rohani bagi Orang dengan Gangguan Jiwa dalam Proses Kesembuhan (Studi Ksus di Self Help Group Kesehatan Jiwa Desa Argodadi Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul Yogyakarta). Universitas Alma Ata Yogyakarta.
Novossiolova, T., Dando, M., and Martellini, M. (2021). Enhancing the Utility of Codes of Conduct for Chemical and Biological Security through Active Learning. ACS Chemical Health & Safety, 1(2), 120–128. https://doi.org/10.1021/acs.chas.1c00047
Nurhayati, N. (2014). Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam di Sma Negeri 1 Belawa Kab. Wajo (Perspektif Teori ARCS). Lentera Pendidikan?: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(2), 272–280. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n2a9
Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., and Suharsono, N. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 86–95.
Ramadhani, R. (2020). Platform Asesmen untuk Pembelajaran Daring: Teori dan Praktik. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Rane, H., Duderija, A., and Mamone, J. (2021). Islamic Studies in Australia’s Higher Education Sector. Australian Journal of Islamic Studies, 6(1), 1–31. Retrieved from https://ajis.com.au/index.php/ajis/article/view/337
RI, K. A. (2019). Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.
Saputra, H. D., Ismet, F., and Andrizal, A. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168
Siti Muhayati. (2021). Integrasi Materi Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Menangkal Radikalisme. Syntax Idea, 14(1), 1–13.
Suyadi, Wahyu Asmorojati, A., Yudhana, A., Nuryana, Z., and Binti Siraj, S. (2022). COVID-19 ambassadors: Recognizing Kampus Mengajar at the Merdeka Belajar Kampus Merdeka program humanitarian projects in the tertiary education curriculum. Frontiers in Education, 7(September), 1–13. https://doi.org/10.3389/feduc.2022.902343
Suyadi, and Widodo, H. (2019). Millennialization of Islamic Education Based on Neuroscience in the Third Generation University in Yogyakarta Indonesia. QIJIS?: Qudus International Journal of Islamic Studies, 7(1), 173–202.
Thohir, M., Ma’arif, S., Junaedi, Huda, H., and Ahmadi. (2021). From disruption to mobilization: Ire teachers’ perspectives on independent learning policy. Cakrawala Pendidikan, 40(2), 359–373. https://doi.org/10.21831/cp.v40i2.39540
Turowetz, J., and Hollander, M. M. (2018). From “Ridiculous” to “Glad to Have Helped”: Debriefing News Delivery and Improved Reactions to Science in Milgram’s “Obedience” Experiments. Social Psychology Quarterly, 81(1), 71–93. https://doi.org/10.1177/0190272518759968
Waharjani, W. (2020). Children’S Faith Education in An Interfaith Marriage Family (A Case Study of Moslem and Catholic Couples in the Special Region of Yogyakarta). International Seminar On Education, 679–691.
Yusti Farlina, J. M. H. (2017). Kajian Kepuasan Pengguna Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), 2(2), 48–54. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijcit/article/view/2778/1824
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.