STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM PENANAMAN KARAKTER SISWA
Keywords:
Strategi, Pendidikan Agama Islam, Karakter SiswaAbstract
Pendidikan Agama Islam sebagai salah satu bidang studi yang dapat dijadikan sebagai sarana untuk menciptakan nilai rasa, moral, watak dan tingkah laku manusia etintasnya, kedepan semakin akan terasa penting sejalan dengan adanya akselerasi perkembangan peradaban manusia. Kesiapan langkah antisipatif atas kemerosotan moralitas Islami peserta didik dan problematika pendidikan agama Islam di sekolah tak ubahnya seperti hanya sekedar rutinitas dalam rangka hanya sebagai suplemen kegiatan pembelajaran yang seperti halnya tidak memiliki fungsi yang begitu penting. Pendekatan penelitian secara kualitatif adalah pendekatan yang peneliti gunakan dalam penyusunan penelitian ini. Menurut Sugiyono penelitian kualitatif adalah penelitian yang berlandaskan pada filsafat post positivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball, teknik pengumpulan dengan trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna daripada generalisasi. Berdasarkan hasil paparan dan pembahasan penelitian tentang “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Dalam Penanaman Karakter di SMAN 1 Kadupandak dan SMA Darul Ulum Kabupaten Cianjur”, didapatkan hasil sebagai berikut: (1). Strategi pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam penanaman karakter siswa di SMAN 1 Kadupandak dan SMA Darul Ulum Kabupaten Cianjur, yaitu sebanyak 5 strategi yang terdiri dari strategi pembelajaran langsung, strategi pembelajaran tidak langsung, strategi pembelajaran intercative learning, strategi pembelajaran experiental learning, dan strategi pembelajaran mandiri. (2). Proses penanaman karakter siswa yang dilakukan di SMAN 1 Kadupandak dan SMA Darul Ulum Kabupaten Cianjur terdapat 3 tahap, yaitu pengetahuan moral, perasaan moral dan tindakan moral.
Downloads
References
Afifah, 2016, Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam menanamkan Nilai-nilai Karakter Pada Siswa (Studi Multi kasus di SDI Raudlatul Jannah Sidoarjo dan SDIT Ghilmani Surabaya)
Agung Anak Agung Putu Dan Anik Yuesti, 2019, Metode Penelitian Bisnis Kuantitatif Dan Kualitatif, Bali : CV. Noah Alethaeia.
Ahmadi Abu dan Joko Tri Prasetya, 1997. Strategi Belajar Mengajar.(Bandung: Pustaka Setia
Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta.
Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Baharuddin, 2014. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan, Yogyakarta: Ruzz Media
Darajat Zakiyah, 1995. Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, Jakarta: Ruhana
Daryanto, 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif, Jakarta: Publisher
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Fathurrohman, P dan Sobry Sutikno. 2007. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umun & Konsep Islami. Bandung: PT Refika Aditama
Fathurrohman, Pupuh Fathurruhman dan M. Sobry Sutikno, 2017. Startegi Belajar Mengajar Melaui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami, Bandung: PT Refika Aditama
Haryanti Nik, 2014. Ilmu Pendidikan Islam, Malang: Gunung Samudera
Hawi Akmal, 2013. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo
Irawan Suhartono, 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya
Jihad Asep, Abdul Haris, 2012. Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta: Multi Pressindo
Khairani, Misbakhul, 2012. Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pola Asuh Orang Tua di SD Islam Terpadu Nurul Ilmi Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara,Tesis, Yogyakarta: Program Pascasarjan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Machmudah Umi dan Abdul Wahab Rosyidi, 2008. Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN- Malang Press
Majid, Abdul, 2013. Strategi Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja RosdaKarya
-------, 2013. Strategi Pembelajaran, Bandung: Rosdakarya Offset
Matthew B, Miles. dan A. Michael Huberman. 1994. Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Muhaimin, 2004. Paradigma Pendidikan Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya
-------, 2009. Rekonstruksi Pendidikan Islam: Dari Paradigma Pengembangan, Manajemen, Kelembagaan, Kurikulum hingga Strategi Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Press
Nata, Abuddin, 2010. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana
Nizar Samsul, 2002. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press
Norhidayati, 2020. Kompetensi Pedagogik Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN Tinggiran II.I Tamban.
Paraba, Hadirja, 2000. Wawasan Tugas Tenaga Guru dan Pembinaan Agama Islam, Jakarta: Friska Agung Insani
Ramayulis, 2012. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Kalam Mulia Group
Rohani, Ahmad, 2010. Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta
Sagala, Syaiful, 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran, cet. Ke-4, Bandung: Alfabeta
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuatitatif, Kualitatif dan R&D Bandung: Alfabeta.
Sukardi Ismail, 2013. Model-model pembelajaran Moderen, Palembang: Tunas Gemilang Prees
Sya`bani Muhammad Ahyan Yusuf, 2014. Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Nilai-nilai Karakter Terhadap Siswa Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan: Studi Kasus Guru PAI SMK Muhammadiyah Imogiri dan SMK Nasional Bantul. Tesis, Yogyakarta: Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga
Tafsir, Ahmad. 1994. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
------, 1999. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: Rosda Karya.
Undang- Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3.
Wiyani Novan Ardy & Barnawi, 2012. Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: Ar Ruzz Media
Yonny Asep dan Sri Rahayu Yunus, 2011. Begini Menjadi Guru Inspiratif dan Disenangi Siswa, Yogyakarta: Pustaka Widyatama
Zuhairini dkk, 1983. Metodik Khusus Pendidikan Agama, Surabaya: Usaha Nasional
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.