PENERAPAN METODE DRILL AND PRACTICE MENINGKATKAN KOMPETENSI BELAJAR MATERI PENYELENGGARAAN JENAZAH

Authors

  • Imawati Fauziyah SMK Negeri 2 Sragen, Jawa tengah

Keywords:

Aktivitas, Kemampuan, Penyelenggaraan Jenazah, Metode Drill And Practice

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah  Penerapan metode Drill and Practice Berdampak Positif terhadap Aktivitas belajar Penyelenggaraan Jenazah  khususnya bagi siswa kelas XI TP 3 semester 2 SMKN 2 Sragen Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan beberapa langkah pembelajaran di kelas yang dimulai dengan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator keberhasilan yaitu apabila seluruh peserta didik telah mencapai KKM. Hasil observasi menunjukkan perubahan positif dalam penggunaan metode Drill and Practice dalam Aktivitas dan Kemampuan belajar penyelenggaraan Jenazah. Siswa mampu meningkatkan hasil belajar  Pendidikan Agama Islam materi Penyelenggaraan Jenazah. Berdasarkan hasil observasi siswa mampu meningkatkan aktivitas dan kemampuan belajar menjadi lebih aktif. Hasil observasi menunjukkan perubahan positif rata-rata persentase aktivitas belajar 74,19.% menjadi 83,23%, rata-rata kompetensi keterampilan dari 74,84% menjadi 83,23%, nilai rata-rata kelas dari 12% menjadi 19,84%, dan ketuntasan belajar dari 75% menjadi 87%, Aspek sikap siswa dari 77,42% menjadi 90,32%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Metode Drill And Practice mampu mengatasi aktivitas dan kemampuan belajar penyelenggaraan jenazah bagi siswa kelas XI Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 SMKN2 Sragen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Juhaedi, Ahmad . 2018. Jurnal Penelitian Guru FKIP Universitas Subang, Volume 1 No. 2 Oktober 2018.

Mukani. (2018). Madinah: Jurnal Studi Islam Volume 5 Nomor 2 Desember 2018

Natsir, Khaidar. 2006. Konsep Pembelajaran Fikih. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurhadi, Farhan.2020. http://repository.ar-raniry.ac.id

Ramayulis. 2010. Metodologi Pendidikan Agama Islam, cet ke -6. Jakarta: Kalam Mulia.

Roestiyah N.K 1985. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Samana. 2001. Sistem Pengajaran Prosedur Pengembangan Sistem Instruksional (PPSI) dan Pertimbangan Metodologis. Yogyakarta: Kanisius.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Imawati Fauziyah. (2023). PENERAPAN METODE DRILL AND PRACTICE MENINGKATKAN KOMPETENSI BELAJAR MATERI PENYELENGGARAAN JENAZAH. DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 180-192. Retrieved from https://dhabit.web.id/index.php/dhabit/article/view/82