PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH
Keywords:
Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Pembelajaran Kooperatif tipe Make a MatchAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kompetensi dahsyatnya persatuan dalam ibadah Haji dan Umrah melalui pembelajaran kooperatif tipe make a match siswa kelas IX B semester 1 SMP Negeri 11 Surakarta tahun 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas melakukan tindakan sebanyak 2 siklus. Dan dianalisis menggunakan teknik deskriptif komparatif, dengan indikator kinerja hasil belajar siswa secara individu telah mencapai nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yang telah ditentukan yaitu 75 dan secara klasikal perolehan nilai ? 75 setiap siswa prosentasenya ? 85 % dari seluruh jumlah siswa. Dan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kompetensi dahsyatnya persatuan dalam ibadah haji dan umrah melalui pembelajaran kooperatif tipe make a match siswa kelas IX B semester 1 SMP Negeri 11 Surakarta tahun 2022/2023. Terlihat pada hasil belajar siswa saat kondisi awal, siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan yaitu hasil belajar siswa yang nilainya ? 75 pada kondisi awal sejumlah 10 siswa (37%) dan pada kondisi akhir menjadi 23 siswa (85%) meningkat 13 siswa dengan mencapai kenaikan 48%.
Downloads
References
Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman. (2018). Model-model Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo Persada.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suharsimi Arikunto, (2017), Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revis cet.2i, Jakarta: Bumi Aksara, hal. 42
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.