OPTIMALISASI PEMBELAJARAN PAI MELALUI IMPLEMENTASI INQUIRY LEARNING PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 36 PURWOREJO

Authors

  • Sumarni SMP Negeri 36 Purworejo, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah

Keywords:

Inquiry Learning, Keaktifan, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Model Pembelajaran Inquiry Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan  Prestasi Belajar Memahami Ketentuan Makanan dan Minuman yang Halal dan Haram Berdasarkan Al Quran dan Hadits Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 36 Purworejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kontekstual dengan metode pembelajaran Incuiry Learning. Subjek Penelitian terdiri dari 32 siswa kelas VIII A SMP Negeri 36 Purworejo. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Untuk analisisi keabsahan data menggunakan Model penelitian tindakan kelas. Teknik analisis data dilakukan dengan model analisis kualitatif dengan model interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan Metode Pembelajaran Incuiry Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar dalam materi memahami ketentuan makanan dan minuman yang halal dan haram berdasarkan al Quran dan Hadit pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 36 Purworejo. Terbukti dengan pra siklus yang aktif 21%, siklus I yang aktif 68% dan siklus II terjadi peningkatan 93%. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar pra siklus rata rata 58, siklus I rata-rata  74,25 dan siklus II rata-rata 83,68. Sehingga terjadi  peningkatan hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. M, Sardiman (1992). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Arifin, Zainal (1990). Evaluasi Instruksi (Prinsip Teknik, Prosedur), Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi (2001). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Karya.

Aunurrahman (2009). Belajar Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Daradjat, Zakiah (1976). Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang.

Depdiknas (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Pudjiani, Tatik dan Hanan, dan Uan Abdul (2016). Menyusun Penelitian Tindakan Kelas & Publikasi Ilmiah non Penelitian, Yogyakarta: SPRIT.

Pudjiani, Tatik dan Suryatini, Iis (2021). Metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Aktif dan Menarik, Yogyakarta: SPRIT.

Sarwiji, Suwandi (2009). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru.

Slamet, St. Y., dan Suwarto (2007). Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.

Sugiyono (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Suprijono, Agus (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wardhani, IGAK (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Winkel, W. S. (1987) Psikologi Pengajaran, Jakarta: Gramedia.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Sumarni. (2023). OPTIMALISASI PEMBELAJARAN PAI MELALUI IMPLEMENTASI INQUIRY LEARNING PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 36 PURWOREJO . DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 133-153. Retrieved from https://dhabit.web.id/index.php/dhabit/article/view/78