RUMAH SEBAGAI BASIS UTAMA DALAM MEMBANGUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Keywords:
Belajar dari rumah, Basisi, Pembangunan, Pendidikan Agama Islam, Rumah sebagai Pusat BelajarAbstract
Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan partisipasi orang tua dalam membangun pendidikan agama Islam di rumah. Penelitin menggunakan metode kualitatif dengan melibatkan guru, pengawas pendidikan agama Islam, dan orang tua. melalui serangkaian focus grup discussion yang dilakukan di tiga daerah yaitu kota Bengkulu, Kepahiang, dan Kab. Benteng. Riset menghasilkan model evaluasi pendidikan agama Islam di rumah yang dapat dilakukan oleh orang tua pada aspek; pertama: (ritual), yang membahas peribadatan, melaksanakan ibadah sholat, puasa, doa-doa sebagai wujud ketaatan. Kedua: (teologi) membahas tauhid, aqidah, yang meliputi pengenalan penghayatan dan pemahaman terhadap keyakinan kepada Allah SWT.. Ketiga: (civilization) yang membahas muamalat, traksaksionalisasi berbasis islam. Dan keempat: (moral) membahas akhlaq moralitas yang mencerminkan nilai islam serta perilaku yang mengamalkan doktrin Islam (etika). Hasil riset ini dapat diimplementasikan dirumah dengan pendampingan dari orang tua/keluarga, dan juga dapat dilakukan di ruang-ruang pembelajaran lainnya yang dapat digunakan sebagai alternatif pendidikan dan pembelajaran.
Downloads
References
Darmadi, D. (2019). Pengantar pendidikan era globalisasi: Konsep dasar, teori, strategi dan implementasi dalam pendidikan globalisasi. An1mage
.
Fikri, L. K., Wibisana, W., & Rahmat, M. (2015). Perkembangan Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Sekolah Dasar Tahun 1945-1966.
Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2007). Educational research: an introduction (8. utg.). AE Burvikovs, Red.) USA: Pearson.
Gunawan, I. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: teori dan praktik. Bumi Aksara.
Hidayah, M. (2021). Sistem Monitoring dan Evaluasi Proses Pembelajaran dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Dosen Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).
Hidayat, T., & Asyafah, A. (2019). Konsep Dasar Evaluasi Dan Implikasinya Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 159-181.
Isnaeni, F. (2020). Manajemen Pembelajaran di Pondok Pesantren Kampus Ainul Yaqin Universitas Islam Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Malang).
Izzah, I. (2018). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Masyarakat Madani. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 5(1), 50-68.
Jamun, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48-52.
Laws, S., Harper, C., Jones, N., & Marcus, R. (2013). Research for development: A practical guide. Sage.
Munifah, M. (2021). Monitoring dan Evaluasi Proses Pembelajaran Sebagai Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan (Survey Evaluatif di STAIN Kediri).
Penuel, W. R., Fishman, B. J., Haugan Cheng, B., & Sabelli, N. (2011). Organizing research and development at the intersection of learning, implementation, and design. Educational researcher, 40(7).
Rejeki, R. S. A., & Razaq, J. A. (2017). Rancangan Sistem Evaluasi dan Monitoring Proses Pembelajaran Pada Program Studi.
Rosidin, R., & Sulthon, M. (2021). Pendidikan Karakter Nabawi sebagai Strategi Problem Solving Pendidikan di Kota Malang. AJMIE: Alhikam Journal of Multidisciplinary Islamic Education, 2(2), 1-20.
Setiawan, H. R., & Masitah, W. (2017). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan di Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UMSU 2016-2017. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 9(1), 47- 67.
Suhardin, S., Hayadin, H., Sugiarti, S., & Marlina, A. (2021). Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam Berbasis Rumah. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 19(3), 253-267.
Suharyana, A., Ramadhan, R. T. F., Yusuf, M., Amrulloh, R., Imron, N. A., Kartika, L., & Artanto, R. J. (2016). Iqropolly: Model Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kampung Adat Urug, Kabupaten Bogor. Agrokreatif: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 100-106.
Sodik, N., Oviyanti, F., & Afgani, M. W. (2021). Strategi Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Melalui Program Guru Penggerak: Strategi Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam. AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies, 6(2), 136-149.
Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2020). Peran desain evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 4(2), 88-100.
Sj, D. S., Maarif, M. A., & Zamroni, A. (2021). Strategi Pengembangan Program Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah: The Development Strategy of Islamic Religious Education Learning Programs. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 20-40
Muhammad Nur Suwaid dalam kitabnya Manhaj At Tarbiyah An Nabawiyah li Thifl, hal. 79).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.