PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI IMAN KEPADA MALAIKAT MELALUI PENDEKATAN STREAM BERBASIS OFFICE 365
Keywords:
STREAM (Science, Technology, Religion, Engeneering, Art and Mathematics) Berbasis Office 365Abstract
Tujuan Penelitian untuk meningkatkan hasil belajar Materi Iman Kepada Malaikat siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Surakarta Tahun Pelajaran 2019/2020. variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan STREAM (Science, Technology,Religion, Engeneering, Art and Mathematics Berbasis Office 365). Sebagai subjek adalah siswa kelas VII SMP Negeri 13 Surakarta yang berjumlah 24 siswa.Hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I menunjukkan ada peningkatan hasil belajar Materi Iman Kepada Malaikat, nilai rata-ratanya 71.46 dengan persentase nilai di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sebanyak 62.50 % sedangkan persentase nilai dibawah KKM 37.50 %. Pada Siklus II menunjukkan ada peningkatan hasil belajar Materi Iman Kepada Malaikat, nilai rata-ratanya 85.83 dengan persentase nilai di atas KKM sebanyak 87.50 % sedangkan persentase nilai dibawah KKM % 12,50 %. Dengan demikian pendekatan STREAM (Science, Technology,Religion, Engeneering, Art and Mathematics Berbasis Office 365).dapat meningkatkan hasil belajar Materi Iman Kepada Malaikat pada siswa kelas VII SMP Negeri 13 Surakarta Tahun Pelajaran 2019/2020.
Downloads
References
Ennies, R. H. 2011. Critical Thinking : Reflection and Perspective Part 1. Assessing, diakses November 2019.
Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2004, Pedoman Pendidikan disekolah Umum, Jakarta: Departemen Agama
Gonzalez, H. B. dan Kuenzi, J. J. 2012. Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Education: A Primer. Congressional Research Service,1-27 hlm. [Online], (https://fas.org/sgp/crs/misc/R42642.pdf), diakses November 2019.
Hamalik, Oemar, 2003, Proses Belajar Mengajar, Jakarta : Bumi aksara
Ismayani, A. (2016). Pengaruh penerapan STEM project-based learning terhadap kreativitas
matematis siswa SMK. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 3(4), 264-272.
Lou, S.J., Shih, R.C., Diez, C.R., dan Tseng, K.H. 2011. The Impact of Problem Based Learning Strategies on STEM Knowledge Integration and Attitudie, an Exploratory Study Among Female Taiwanese Senior High School Students. International Journal of Thechnology and Design Education : Springer, 21 (1), 195-215 hlm. [Online], (https://www.springerprofessional.de/en/the- impact-of-problem-based-learning-strategies-on-stem-knowledg/5490704), diakses November 2019
Permanasari, A. 2016. STEM Education : Inovasi dalam Pembelajaran Sains Seminar Nasional Pendidikan Sains : Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sains dan Kompetensi Guru Melalui Penelitian dan Pengembangan dalam Menghadapi Tantangan Abad-21, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 24-31 hlm. (Online), (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/ article/view/9810), diakses September 2019.
Redhana, I W. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Peta Argumen terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Topik Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 43(17), 141-148 hlm. (Online),
Wardhani, IGAK dan Wihardit, Kuswaya, 2007. Penelitin Tindakan Kelas, Universitas Terbuka KTSP SD/MI 2011
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.