MENANAMKAN PEMBIASAAN SIKAP, MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PESERTA DIDIK MELALUI METODE WINDOW SHOOPING DENGAN TEKNIK “SILAT” PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS IX F SMP NEGERI 1 BULUSPESANTREN, KEBUMEN
Keywords:
Sikap, Keaktifan, Hasil Belajar, SilatAbstract
Proses pembelajaran meliputi dua aktifitas yaitu mengajar yang dilakukan guru dan belajar yang dilakukan peserta didik. Pada proses pembelajaran perlu terus ditingkatkan strategi pembelajaran agar pembiasaan sikap, keaktifan peserta didik dan kualitas pembelajaran meningkat, yang pada gilirannya akan berdampak pada hasil belajar peserta didik. Penulis mencoba untuk menanamkan pembiasaan sikap, meningkatkan keaktifan peserta didik dan hasil pembelajaran PAI dan Budi Pekerti melalui metode window shooping ‘Silat”, yaitu suatu metode dengan kegiatan seperti aktifitas silaturakhmi saling mengunjungi untuk bertukar informasi. Hasil yang diperoleh menyimpulkan bahwa 1) Metode window shooping ‘Silat” berpengaruh pada pembiasaan sikap dan peningkatan keaktifan peserta didik kelas IX F SMP Negeri 1 Buluspesantren, Kebumen yaitu dilihat dari indikator-indikator keaktifan, semua telah mencapai di atas 75%. 2) Meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX F SMP Negeri 1 Buluspesantren, Kebumen yaitu 100% telah tuntas belajar dengan daya serap materi sebanyak 89,06%.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi, 2002, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
Dewanto, Wasi. 2008, Trik dan Taktik mengajar, Strategi meningkatkan Pencapaian Pengajaran di Kelas, Jakarta : Indeks.
Direktorat PAI Departemen Agama RI : 2008, Kurikulum & Pengembangan Silabus PAI Sekolah Menengah Pertama, Jakarta : Ditpais Depag RI
Muhlison, 2014, “Guru Profesional (Sebuah Karakteristik Guru Ideal dalam Pendidikan Islam)
Moleong, Lexy, 2002, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosdakarya
Permendikbud nomor 22 tahun 2016 tentang Standar proses.
Pudjiani, Tatik, 2014, Pendekatan Saintifik dan Penilaian Otentik, Yogyakarta : Spirit.
Sugiyono, 2006, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung ; Alfabeta.
Yamin, Martinis, 2012, Desain Baru Pembelajaran Konstruktivistik, Jakarta : Referensi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.