STRATEGI AKSI PROTES TINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PAI-BP MATERI AKHLAQ KELAS 9 SMPN 1 MUNTILAN

Authors

  • Denik Isrowati SMPN 1 Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Keywords:

strategi AKSI PROTES, , hasil pembelajaran jarak jauh, materi akhlaq

Abstract

Rumusan masalah tulisan ini adalah bagaimana proses penerapan strategi AKSI PROTES dalam pembelajaran serta bagaimana hasil serta dampak penerapan strategi tersebut dalam pembelajaran jarak jauh materi akhlaq kelas 9 di SMP Negeri 1 Muntilan. Tujuannya adalah  mendeskripsikan proses pembelajaran  melalui AKSI PROTES serta mendeskripsikan peningkatan hasil belajar memahami makna tata krama, sopan santun dan malu, PJJ kelas 9 di SMP Negeri 1 Muntilan. Strategi penerapan dengan melakukan proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) PAI-BP dilakukan dengan AKSI PROTES. Hasil strategi AKSI PROTES tersebut rata-rata kelas 9EFG dalam aspek ketrampilan menyajikan materi akhlaq ini memiliki rerata nilai baik, sedangkan dalam hal pemahaman materi rerata nilai sangat baik. Dampak lain sisi positif dalam hal sikap pembelajaran PJJ, siswa memiliki tingkat kehadiran di meeting yang baik, peningkatan keaktifan dalam proses meeting, dan peningkatan  menyelesaikan penugasan PJJ

Downloads

Download data is not yet available.

References

Undang-undang Nomor 20 Tahun2003. Sistem Pendidikan Nasional.

Surat Edaran Mendikbud No. 4 Tahun 2020 tetang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19, 2020

Dr. Yunus Abidin, M.Pd (2017), Pembelajaran Multiliterasi Sebuah Jawaban atas Tantangan Pendidikan Abad ke-21 dalam konteks KeIndonesiaan, Bandung: PT Refika Aditama, Bandung.

https://lpmpdki.kemdikbud.go.id/padlet/

Dimyati dan Mudjiono (2009), Belajar dan Pembalajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2022-09-23

How to Cite

Denik Isrowati. (2022). STRATEGI AKSI PROTES TINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PAI-BP MATERI AKHLAQ KELAS 9 SMPN 1 MUNTILAN. DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 51-58. Retrieved from https://dhabit.web.id/index.php/dhabit/article/view/37