PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDUP SEHAT DENGAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG HALAL SERTA BERGIZI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE

Authors

  • Abdul Azis Muslim Guru PAI BP SMP Negeri 1 Wedung, Kecamatan Wedung, Kab. Demak

Keywords:

Hasil belajar, PAI BP, Model pembelajaran word square

Abstract

Hasil pembelajaran PAI BP di Kelas VIIIA TP. 2021/2022 belum sesuai harapan. Salah satu dugaan penyebab yang paling mencolok adalah belum efektifnya metode pembelajaran yang digunakan penulis yaitu metode pembelajaran konvensional satu arah yang berpusat di guru. Untuk mengatasinya dengan memperbaiki metode pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Word Square untuk meningkatkan hasil belajar PAI BP pada materi Hidup Sehat dengan Makanan dan Minuman yang Halal Serta Bergizi pada siswa kelas VIIIA. Adapun rumusan masalah: Apakah melalui model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan hasil belajar PAI BP pada materi Hidup Sehat Makanan dan Minuman yang Halal serta Bergizi pada Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Wedung?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah : meningkatkan hasil belajar PAI PAI BP pada materi Hidup Sehat Makanan dan Minuman yang Halal serta Bergizi pada Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Wedung. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas  melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Analisis data dan data yang digunakan adalah  kuantitatif dan  kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah teknik tes dan nontes yang meliputi pengamatan atau observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan :  hasil belajar pra siklus presentase ketuntasan 31,03%, hasil belajar siklus I presentase ketuntasan meningkat menjadi 51,72% dan siklus II presentase ketuntasan mencapai 86,21%. Kesimpulannya adalah melalui model pembelajaran word square dapat meningkatkan hasil belajar materi Hidup Sehat Makanan dan Minuman yang Halal serta Bergizi pada Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Wedung Tahun Pelajaran 2021/2022.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahsan, Muhammad dan Sumiyati. (2017). Pendidikan Agama Islam Kelas VIII. Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Alamsyah, Budimanjaya. (2016). Strategi Mengajar Multiple Intelligences. Jakarta:Prenadamedia.

Arikunto, Suharsimi. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Aryani, Nini dan Wahyuni, Molli. (2021). Belajar dan pembelajaran teori beserta implikasinya. Yogyakarta:Bintang Pustaka Madani.

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Dahar, Ratna Wilis. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Erlangga.

Huda, Miftahul. (2014). Cooperative Learning Metode., Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Kurniasih, Imas. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta :Kata Pena.

Nata, Abudin. (2001). Manajemen Pendidikan Mengalami Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta : Kencana.

Rachmawati, Tutik dan Daryanto. (2015). Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta : Gava Media.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran. Jakarta:Rajawali Pers.

Sudjana, Nana. (2019). Dasar-dasat Proses Belajar Mengajar. Bandung:SBAlgesindo.

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PIKEM. Jogyakarta : Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2022-09-23

How to Cite

Abdul Azis Muslim. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDUP SEHAT DENGAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG HALAL SERTA BERGIZI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE. DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 36-42. Retrieved from https://dhabit.web.id/index.php/dhabit/article/view/34