PENGGUNAAN GAME KAHOOT UNTUK ASESMEN SUMATIF MATERI MELESTARIKAN ALAM KELAS VIIIB DI SMPN 3 LEKSONO
Keywords:
Kahoot, asesmen sumatif, motivasi belajar, pembelajaran diferensiasi, teknologi pendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan game Kahoot sebagai alat asesmen sumatif pada materi pelestarian alam di kelas VIIIB SMPN 3 Leksono. Latar belakang penelitian ini berfokus pada tantangan yang muncul dalam proses pembelajaran, seperti rendahnya minat baca dan motivasi belajar peserta didik. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah asesmen sumatif yang dilaksanakan setelah kegiatan pembelajaran selesai, dengan memanfaatkan platform Kahoot yang berbasis permainan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Kahoot tidak hanya meningkatkan motivasi belajar peserta didik, tetapi juga memberikan pengalaman asesmen yang menyenangkan dan bermakna. Selain itu, permainan edukatif ini mampu menumbuhkan jiwa kompetisi di antara peserta didik, yang berkontribusi pada peningkatan hasil belajar mereka. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya keberagaman dalam model dan metode pembelajaran, serta pemanfaatan teknologi dalam asesmen untuk memenuhi kebutuhan belajar pada masing – masing peserta didik. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi para pendidik lain dalam merancang asesmen yang kreatif dan inovatif, sekaligus dapat menyesuaikan dengan perkembangan teknologi yang ada.
Downloads
References
Ananda Santosa dan A.R.AL Hanif, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Penerbit Alumni
Carol Ann Tomlinson, 1995. The Differentiated Classroom, Virginia: ASCD(Author)
Dion Ginanto, dkk, (2024) Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Edisi Revisi Tahun 2024, Jakarta: BSKAP Kemendikbudristek
Ki Hajar Dewantara, (2011) Pendidikan, Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa
Rapor Pendidikan Digital SMPN 3 Leksono Tahun 2023
Susilo. (2022b). Memahami Asesmen Paradigma Baru, Topik Merdeka Mengajar. Media Education. https://www.mediaeducations.com/2022/07/memahami-asesmen-paradigma-baru-topik.html
Wikipedia. Diunduh pada 28 November 2024 https://id.wikipedia.org/wiki/Kahoot!
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.