MENGHADAPI TANTANGAN GLOBAL : ETIKA PROFESI TEKNOLOGI INFORMASI BERBASIS PAI DI SMK

Authors

  • Nyimas Depi Arisanti Instansi IAIN Kudus, Kudus, Jawa Tengah
  • Ashif Azafi Instansi IAIN Kudus, Kudus, Jawa Tengah

Keywords:

Etika Profesi, Teknologi Informasi, Pendidikan Agama Islam, Integrasi Etika, Pembentukan Karakter

Abstract

Artikel ini membahas urgensi pengintegrasian etika profesi dalam Teknologi Informasi (TI) yang berbasis pada pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Penelitian ini bertujuan untuk menilai pengaruh pendidikan agama Islam dalam pembentukan etika profesi di bidang TI. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan dari guru dan ahli kurikulum, serta dianalisis untuk mengeksplorasi integrasi etika dalam pendidikan TI. Temuan menunjukkan bahwa pendidikan agama Islam memberikan kontribusi signifikan terhadap perilaku etis dalam praktik TI, mendorong kejujuran, integritas, dan tanggung jawab. Penelitian ini menyarankan peningkatan kurikulum dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islam guna mempersiapkan siswa menghadapi tantangan etis di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adlini, Miza Nina, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah, dan Sauda Julia Merliyana. 2022. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6 (1): 974–80. https://doi.org/10.33487/ edumaspul.v6i1.3394.

Ainiyah, Nur. 2013. “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Al-Ulm 13 (Nomor 1): 25–38.

Anggreni, Fitria Wahyu. 2024. Wawancara dengan wakil kepala sekolah bidang kurikulum, Whatsapp.

Bungin, Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Kedua. Jakarta: Prenada Media Grup.

Kemendikbudristek, 2023, “Capaian Pembelajaran untuk SD/MI/Program Paket A, SMP/MTS/Program Paket B, dan SMA/MA/Program Paket C pada Kurikulum Merdeka.”

Dirjen Dikdasmen. 2018. “Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor: 07/D.D5/Kk/2018 Tentang Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK).”

Firmansyah, Yoki, Nanda Diaz Arizona, dan Windi Irmayani. 2019. Etika Profesi?: Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pertama. Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ismail. 2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: Rasail Media Group.

Jayanti, Ana Dwi. 2024. Wawancara Guru Bimbingan Konseling SMK Negeri 1 Sumber, Langsung.

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi?: Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. 2024. “Salinan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2024 Tentang Kurikulum Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah.” Kemendikbudristek RI.

Kumalasari, Vivi. 2022. Etika Profesi, dalam Bidang Teknologi Informasi. Disunting oleh Yosef Santoso. Semarang: Yayasan Prima Agus Tenik.

Kurikulum SMK Negeri 1 Sumber. 2023. “KOSP SMK Negeri 1 Sumber Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang tahun 2023-2024.”

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, Republik Indonesia. 2022. “Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 262/M/2022 Tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.”

Nasution, Abdul Fattah. 2023. Metode Penelitian Kualitatif. Disunting oleh Meyniar Albina. Pertama. Bandung: Harfa Creative.

Rahmat. 2019. Pendidikan Agama Islam?: Analisis Kebijakan Pendidikan Agama Islam Indonesia Era 4.0. Cetakan I. Malang: Literasi Nusantara Abadi.

Rizqiani, Sulus Ilhamti. 2024. Wawancara Guru Produktif TKJ SMK Negeri 1 Sumber, Langsung.

Saadah, Nurus. 2024. Guru PAI SMK Negeri 1 Sumber.

Subadi, Tjipto. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Disunting oleh Erlina Farida Hidayati. Cetakan Pertama. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Nyimas Depi Arisanti, & Ashif Azafi. (2024). MENGHADAPI TANTANGAN GLOBAL : ETIKA PROFESI TEKNOLOGI INFORMASI BERBASIS PAI DI SMK. DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 185-192. Retrieved from https://dhabit.web.id/index.php/dhabit/article/view/105