PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN PATI DALAM MERANCANG MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH MELALUI WORKSHOP PADA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Masudin Pengawas PAI SMP Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati Jawa Tengah

Keywords:

kompetensi guru, mm, workshop

Abstract

Penelitian ini   bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan proses pengembangan Model Pembelajaran Make a Match (MM) melalui workshop, 2) meningkatkan kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Pati dalam menyusun Model Pembelajaran Make a Match (MM). Penelitian dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator kinerja yang ditetapkan adalah: bila minimal terdapat 80% guru tergolong sangat baik dan baik dalam aspek penilaian menyusun Model Pembelajaran Make a Match (MM), maka dapat dikatakan bahwa penerapan tindakan sudah berhasil. Dari hasil analisis diperoleh informasi  bahwa terjadi peningkatan kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Pati dalam merancang Model Pembelajaran Make a Match (MM). Peningkatan itu ditunjukkan (1) kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Pati dalam merumuskan unsur-unsur Model Pembelajaran Make a Match (MM), dari 13% pada siklus I menjadi 100% pada siklua II; (2) Kemampuan menyusun langkah-langkah dalam Model Pembelajaran Make a Match (MM), dari 13% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Adapun respon dalam mengikuti proses workshop dalam rangka merancang Model Pembelajaran Make a Match (MM) adalah 67% merespon sangat baik dan 33% merespon baik, ini menunjukkan bahwa mereka sangat mengharapkan adanya workshop dalam meningkatkan kompetensi mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Mohammad. (1984). Penelitian Kependidikan : Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa

Alma, Buchari dkk. (2010). Guru profesional (menguasai metode dan terampil mengajar). Bandung: Alfabeta

Anita Lie. (2007). Cooperative learning. Jakarta: Grasindo.

Arifin, Zaenal. (1991). Evaluasi Instruksional. Bandung: PT Remaja Roesdakarya

Arikunto, Suharsimi. (2009). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

_______, (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

_______, (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Darsono, Max, dkk. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press

Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful, Bahri. (2002). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Isjoni. (2011). Pembelajaran kooperatif meningkatkan kecerdasan komunikasi antar peserta didik. cet. ke-3. Yogjakarta: Pustaka Pelajar

Ismail SM. (2008). Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang. RaSAIL. Media Group.

Muslimin, dkk. (2000). Pembelajaran kooperatif. Surabaya: UNESA UNIVERSITY PRESS.

Purwanto, (2011). Evaluasi hasil belajar. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto, Ngalim. (1992). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosakarya

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajawaliPers.

Slameto. (1991). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana. (2006). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Roesdakarya

Tim Penyusun KBBI. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang : Widya Karya

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Masudin. (2021). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN PATI DALAM MERANCANG MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH MELALUI WORKSHOP PADA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2019/2020. DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 45-50. Retrieved from https://dhabit.web.id/index.php/dhabit/article/view/18