PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN PATI DALAM MERANCANG MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH MELALUI WORKSHOP PADA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Keywords:
kompetensi guru, mm, workshopAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan proses pengembangan Model Pembelajaran Make a Match (MM) melalui workshop, 2) meningkatkan kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Pati dalam menyusun Model Pembelajaran Make a Match (MM). Penelitian dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator kinerja yang ditetapkan adalah: bila minimal terdapat 80% guru tergolong sangat baik dan baik dalam aspek penilaian menyusun Model Pembelajaran Make a Match (MM), maka dapat dikatakan bahwa penerapan tindakan sudah berhasil. Dari hasil analisis diperoleh informasi bahwa terjadi peningkatan kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Pati dalam merancang Model Pembelajaran Make a Match (MM). Peningkatan itu ditunjukkan (1) kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Pati dalam merumuskan unsur-unsur Model Pembelajaran Make a Match (MM), dari 13% pada siklus I menjadi 100% pada siklua II; (2) Kemampuan menyusun langkah-langkah dalam Model Pembelajaran Make a Match (MM), dari 13% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Adapun respon dalam mengikuti proses workshop dalam rangka merancang Model Pembelajaran Make a Match (MM) adalah 67% merespon sangat baik dan 33% merespon baik, ini menunjukkan bahwa mereka sangat mengharapkan adanya workshop dalam meningkatkan kompetensi mereka.
Downloads
References
Ali, Mohammad. (1984). Penelitian Kependidikan : Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa
Alma, Buchari dkk. (2010). Guru profesional (menguasai metode dan terampil mengajar). Bandung: Alfabeta
Anita Lie. (2007). Cooperative learning. Jakarta: Grasindo.
Arifin, Zaenal. (1991). Evaluasi Instruksional. Bandung: PT Remaja Roesdakarya
Arikunto, Suharsimi. (2009). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
_______, (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
_______, (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Darsono, Max, dkk. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press
Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful, Bahri. (2002). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.
Isjoni. (2011). Pembelajaran kooperatif meningkatkan kecerdasan komunikasi antar peserta didik. cet. ke-3. Yogjakarta: Pustaka Pelajar
Ismail SM. (2008). Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang. RaSAIL. Media Group.
Muslimin, dkk. (2000). Pembelajaran kooperatif. Surabaya: UNESA UNIVERSITY PRESS.
Purwanto, (2011). Evaluasi hasil belajar. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Purwanto, Ngalim. (1992). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosakarya
Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajawaliPers.
Slameto. (1991). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, Nana. (2006). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Roesdakarya
Tim Penyusun KBBI. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang : Widya Karya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Masudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.