STRATEGI PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN
Keywords:
Profesionalisme Guru, Pendidikan Agama Islam, Strategi, Mutu PembelajaranAbstract
Profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan faktor kunci dalam menentukan mutu proses dan hasil pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan dalam pengembangan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan profesionalisme guru PAI dilakukan melalui beberapa pendekatan, antara lain pelatihan dan workshop, pembinaan melalui supervisi akademik, peningkatan kompetensi pedagogik, serta penguatan etos kerja dan integritas keislaman. Selain itu, kolaborasi antar guru, keikutsertaan dalam forum MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), dan pemanfaatan teknologi pembelajaran juga menjadi bagian penting dari strategi tersebut. Penerapan strategi ini berdampak positif terhadap peningkatan mutu pembelajaran, baik dari segi metode pengajaran, keterlibatan siswa, maupun pencapaian hasil pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya dukungan berkelanjutan dari sekolah dan instansi terkait dalam pengembangan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam (PAI) secara berkelanjutan.
Downloads
References
Gunawan, Akmal Rizki. 2022. “Kompetensi Pendidik Ideal Berbasis Al-Qur’an (Telaah Terhadap Q.S. Luqman; 12, Q.S. Ar-Rahman: 1-5, Q.S. An-Najm: 3-10, Q.S. An-Nahl: 43-44).” AL QUDS?: Jurnal Studi Alquran Dan Hadis 6 (2): 573. doi: 10.29240/alquds.v6i2.4200.
Jurnal, Khidmat, Ilmu Sosial, Nilai Keislaman, and Siti Zubaidah Sitorus. 2025. “Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Berbasis Nilai- Nilai Keislaman Di Sekolah.” 3 (1):115–21.
Khairullah, Erwan Yusuf, Universitas Islam, Kalimantan Muhammad, Arsyad Al-banjari Banjarmasin, Madrasah Ibtidaiyah, Ihya Ulumiddin, and Kota Banjarmasin. 2024. “Strategi Pengajaran Pendidikan Agama Islam yang Efektif Di Madrasah Ibtidaiyah Ihya Ulumiddin Banjarmasin?: Perspektif Guru.” 1 (3).
Mulyasa, E. 2013. Manajemen Dan Supervisi Pendidikan. Edisi Revi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurarfiansyah, Lucky Tirta, Nur Alfiana Kholizah, Dinda Aulia Sani, Desi Fitri Yani Sembiring, Putri Suci Ramadhani, M. Muflih Dermawan, Dita Oktaviani, and Inom Nasution. 2022. “Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru.” Edupedia 6 (2): 148–60. doi: 10.24269/ed.v6i2.1489.
Puspitasari, Novi, Linda Relistian. R, and Reonaldi Yusuf. 2022. “Peran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik.” Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam 3 (1): 57–68. doi: 10.30863/attadib.v3i1.2565.
Rahman. 2018. “Pengembangan Profesionalisme Guru PAI Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Islam 12: 45–58.
Sagala, Syaiful. 2012. Kemampuan Profesional Guru Dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Suyanto; Jihad, Asep. 2013. Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi Dan Kualitas Guru Di Era Global. Jakarta: Esensi Erlangga Group.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005. 2005. “Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen.”.
Yunus, Muhammad. 2016. “Profesionalisme Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan.” Lentera Pendidikan?: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 19 (1): 112–28. doi: 10.24252/lp.2016v19n1a10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.