TRANSFORMASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGHADAPI TANTANGAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN SOCIETY 5.0
Keywords:
Transformasi, Revolusi, Industri 4.0, Society 5.0Abstract
Perkembangan Revolusi Industri 4.0 dan era Society 5.0 telah membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Pendidikan Islam sebagai bagian penting dari sistem pendidikan nasional dituntut untuk melakukan transformasi agar mampu menjawab tantangan zaman yang semakin kompleks dan berbasis teknologi. Studi ini bertujuan untuk menganalisis bentuk transformasi pendidikan Islam dalam menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 serta mengidentifikasi strategi yang dapat dilakukan agar tetap relevan dan adaptif. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah studi kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil studi menunjukkan bahwa transformasi pendidikan Islam dapat dilakukan melalui integrasi teknologi digital dalam proses pembelajaran, penguatan kurikulum berbasis nilai-nilai Islam dan kompetensi abad 21, serta pengembangan karakter peserta didik yang mampu bersaing secara global namun tetap berakhlak mulia. Simpulan dari studi ini adalah bahwa transformasi pendidikan Islam merupakan keniscayaan yang harus dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan agar mampu mencetak generasi unggul yang siap menghadapi tantangan global tanpa kehilangan jati diri keislaman.
Downloads
References
Aris. (2022). Ilmu Pendidikan Islam. Cirebon: Yayasan Wiyata Bestari Samasta.
Hadi & Pristian Hadi. (2019). Tantangan pendidikan islam dalam menghadapi society 5.0. Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman. Vol.19, No.02.
Hadi Putra, Pristian. (2019). Tantangan Pendidikan Islam dalam Menghadapi Society 5.0. Jurnal Islamika: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman. Vol. 19, No 02.
Hidayah, Nurul. (2023). Transformasi Lembaga Pendidikan Islam Menghadapi Era Society 5.0. AT-TAJDID: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam. Vol. 07, No. 02.
Iswati. (2017). Transformasi Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Nilai Karakter Peserta Didik yang Humanis Religius. Jurnal Pendidikan Islam Al I’tibar.Vol. 3, No. 1
Nugraha, Cecep, Aif Umar Nawawi, Muhamad Fajar Asianto, Ridwan Septiyadi Ramlan, and Jenuri Jenuri. (2023) “Transformasi Pendidikan Islam Pada Pembelajaran Dan Nilai Keislaman Di Era Revolusi Industri 4.0.” PROFETIK: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Agama Islam 4, no. 1. https://doi.org/10.24127/profetik.v4i1.
Priyanto, Adun. (2020). Pendidikan Islam dalam Era Revolusi Industri 4.0. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 6, No. 2.
Putri Siahan, Rachel Yoan Katherin. (2022). Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Society 5.0. Vol. 5, No. 2.
Rouf, Abdur. (2016). Transformasi dan Inovasi Manajemen Pendidikan Islam, Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 1, No. 2.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Teknowijoyo, Felixtian dkk. (2021). Relevansi Industri 4.0 dan Society 5.0 Terhadap Pendidikan di Indonesia. Jurnal Ilmu Kependidikan. Vol. 16, No. 2.
Wahyudi, Tian. (2023). Membangun Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan. Vol. 20, No.1.
Zakir & A. Aziz. (2022). Tantangan pembelajaran pendidikan agama Islam di era 4.0. Indonesian Research Journal on Education. Vol. 2, No.3.
Zufiroh, Laili dkk. (2023). Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan dan Ilmu Keislaman. Vol. 9, No. 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.