KONSEP ULUL ALBAB DAN MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Mariani Pascasarjana Pendidikan Agama Islam, UIN Antasari Banjarmasin
  • M. Ramli Pascasarjana Pendidikan Agama Islam, UIN Antasari Bannjarmasin

Keywords:

Multiple Intelligences, Ulul Albab, Pendidikan Islam

Abstract

Konsep ulul albab adalah seseorang yang memiliki pemahaman mendalam, kebijaksanaan, dan integritas moral yang tinggi. Sementara teori multiple intelligences oleh Howard Gardner menjelaskan bahwa setiap individu memiliki berbagai jenis kecerdasan. Penelitian ini menggunakan studi literature dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Ulul Ulbab yang bersinergi dengan teori multiple intelligences menjadi pilihan paradigma dalam pendidikan Islam. Keduanya mendorong pembentukan manusia yang tidah hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki keseimbangan spiritual, emosional, dan sosial. Pembelajaran yang didesain dengan memperhatikan fitrah “kecerdasan” manusia yang menjadi wahana untuk membangun iklim yang dimungkinkan tumbuh dan berkembangnya aspek dzikir, fikir, dan amal shaleh diproyeksikan mampu untuk membentuk sosok manusia ideal, manusia ulul albab. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi terhadap pengembangan model pendidikan agama islam yang sesuai dengan kebutuhan zaman, dengan tetap mempertahankan nilai-nilai dasar islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Halim Fathani. 2014. “Paradigma Pembelajaran Dalam Perspektif Tarbiyatul Ulul Albab Dan Multiple Intelligences.” El-Qudwah, no. October 2014: 1–9.

Achmadi. 2005. Ideologi Pendidikan Islam Paradigma Humanisme Teosentris. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Arifah, Siti Eli. 2017. “Pendidikan Akal Dalam Perspektif Al-Qur’an (Analisis Tafsir Tahlili Al-Qur’an Surat Ali Imran Ayat 190-191).” UIN Wali Songo.

Armstrong, Thomas. 1999. Seven Kinds of Smart: Menemukan Dan Meningkatkan Kecerdasan Anda Berdasarkan Teori Multiple Intelligences, Terjemahan Oleh T. Hermaya.

As-Sa’di, Syeikh Abdurrahman bin Nashir. 2007. Tafsir Al-Qur’an (Ad-Dzariyat s/d an-Nas. Jakarta: Pustaka Sahifa.

Chatib, Munif, and Alamsyah Said. 2012. Sekolah Anak-Anak Juara Berbasis Kecerdasan Jamak Dan Pendidikan Berkeadilan. Bandung: KAIFA.

Denig, Stephen J. 2004. “Multiple Intelligences and Learning Styles: Two Complementary Dimensions.” Teacher College Record 106 (1): 96–111.

Durotun Nafisah, Muchotob Hamzah, and Salis Irvan Fuadi. 2022. “Konsep Ulul Albab Dalam Al-Qur’an Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam?: Kajian Ayat Qs. Shod Ayat 29.” Religion?: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya 1 (6): 77–84. https://doi.org/10.55606/religion.v1i6.27.

Faisol, Achmad. 2022. “Ulul Albab Perspektif Pendidikan Islam.” Fajar: Jurnal Pendidikan Islam 2 (1): 126–57.

Gardner, Howard. 1993. Multiple Intelligences: The Theory in Practice. New York: Basic Books.

Ghazali, M. Bahri. 2001. Konsep Ilmu Menurut Al-Ghazali: Suatu Tinjauan Psikologik Pedagogik. Jakarta: CV. Pedoman Ilmu Jaya.

Hofur, Hofur. 2021. “Konsep Multiple Intelligences Perspektif Al-Quran/ Hadis Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Tarbawi?: Jurnal Pendidikan Islam 17 (2). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v17i2.1647.

Indriyani, Kurnia. 2017. “Konsep Ulul Albab Dalam Pendidikan Islam (Analisis Surat Ali-Imran Ayat 190-191).” IAIN Salatiga. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/1976.

Lusi, Widyastuti. 2021. “Konsep Multiple Intelligence Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” UIN Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/14828/.

Nugroho, Aris Dwi, Al Ihwanah. 2017. “Pandangan Munif Chatib Tentang Multiple Intelligences Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Primary Education Journal (Pej) 1 (1): 37–45.

Pratama, Arizqi Ihsan. 2019. “Konsep Ulil Albab Dalam Al-Quran Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Modern.” Islamisasi Ilmu Pengetahuan Di Era Revolusi Industri 4.0 1 (2): 222–34.

Qardhawi, Yusuf. 1998. Pendidikan Islam Dan Madrasah Hasan Al-Banna, Terjemahan Bustani A. Ghani Dan Zainal Abidin. Jakarta: Bulan Bintang.

Shihab, M. Quraish. 2003. Tafsir Al-Misbah (Pesan, Kesan Dan Keserasian, Al-Qur’an). Ciputat: Lentera Hati.

Suprayogo, Imam. 2010. Tarbiyah Ulul Albab: Dzikir, Fikir, Dan Amal Shaleh. Malang: UIN Malang.

Zainuddin, Muhammad. 2008. Paradigma Pendidikan Terpadu: Menyiapkan Generasi Ulul Albab. Malang: UIN-Malang Press.

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Mariani, & M. Ramli. (2024). KONSEP ULUL ALBAB DAN MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PENDIDIKAN ISLAM. DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 130-149. Retrieved from https://dhabit.web.id/index.php/dhabit/article/view/101