IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR HUMANISTIK DAN KECERDASAN GANDA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Rizki Dina Andriyani

Keywords:

Teori Humanistik, Kecerdasan Ganda, Pembelajaran PAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi teori belajar humanistik dan kecerdasan ganda (majemuk) terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Data penelitian diperoleh dari buku atau jurnal ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori belajar humanistik Abraham Maslow bertujuan untuk memanusiakan manusia sedini mungkin sebagaimana fitrahnya. Proses pembelajaran dianggap efektif jika siswa memahami dirinya dan lingkungan sekitarnya. Dalam pembelajaran, siswa hendaknya cepat atau lambat dapat mengaktualisasikan dirinya sebaik mungkin. Sedangkan teori kecerdasan majemuk Howard Gardner berorientasi dalam memahami kemampuan potensi siswa dalam berbagai kecerdasan sehingga potensinya dapat dikembangkan secara optimal sesuai fitrahnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, J. R. P. dan Y. (2009). Multiply Your Multiple Intelligences: Melatih 8 Kecerdasan Majemuk pada Anak dan Dewasa. Andi.

Baharuddin, & M. M. (2007). Pendidikan Humanistik (Konsep, Teori, dan Aplikasi Praktis dalam Dunia Pendidikan). Ar Ruzz Media.

Ekawati, M., & Yarni, N. (2019). Teori Belajar Berdasarkan Aliran Psikologi Humanistik Dan Implikasi Pada Proses Belajar Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 266–269. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.482

Mahrus, M., & Itqon, Z. (2020). Implikasi Teori Humanistik Dan Kecerdasan Ganda Dalam Desain Pembelajaran Pai. Journal PIWULANG, 3(1), 75. https://doi.org/10.32478/piwulang.v3i1.506

Mardalis. (1995). Motode Penelitian: Suatu Pendekatan Proposal. Bumi Aksara.

Suprihatin. (2017). Pendekatan Humanistik dalam Pengembangan Kurikulum ..... POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 3(1), 82–104.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Rizki Dina Andriyani. (2024). IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR HUMANISTIK DAN KECERDASAN GANDA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 109-114. Retrieved from https://dhabit.web.id/index.php/dhabit/article/view/95