IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR HUMANISTIK DAN KECERDASAN GANDA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Keywords:
Teori Humanistik, Kecerdasan Ganda, Pembelajaran PAIAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi teori belajar humanistik dan kecerdasan ganda (majemuk) terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Data penelitian diperoleh dari buku atau jurnal ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori belajar humanistik Abraham Maslow bertujuan untuk memanusiakan manusia sedini mungkin sebagaimana fitrahnya. Proses pembelajaran dianggap efektif jika siswa memahami dirinya dan lingkungan sekitarnya. Dalam pembelajaran, siswa hendaknya cepat atau lambat dapat mengaktualisasikan dirinya sebaik mungkin. Sedangkan teori kecerdasan majemuk Howard Gardner berorientasi dalam memahami kemampuan potensi siswa dalam berbagai kecerdasan sehingga potensinya dapat dikembangkan secara optimal sesuai fitrahnya.
Downloads
References
Andriani, J. R. P. dan Y. (2009). Multiply Your Multiple Intelligences: Melatih 8 Kecerdasan Majemuk pada Anak dan Dewasa. Andi.
Baharuddin, & M. M. (2007). Pendidikan Humanistik (Konsep, Teori, dan Aplikasi Praktis dalam Dunia Pendidikan). Ar Ruzz Media.
Ekawati, M., & Yarni, N. (2019). Teori Belajar Berdasarkan Aliran Psikologi Humanistik Dan Implikasi Pada Proses Belajar Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 266–269. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.482
Mahrus, M., & Itqon, Z. (2020). Implikasi Teori Humanistik Dan Kecerdasan Ganda Dalam Desain Pembelajaran Pai. Journal PIWULANG, 3(1), 75. https://doi.org/10.32478/piwulang.v3i1.506
Mardalis. (1995). Motode Penelitian: Suatu Pendekatan Proposal. Bumi Aksara.
Suprihatin. (2017). Pendekatan Humanistik dalam Pengembangan Kurikulum ..... POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 3(1), 82–104.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.