PENERAPAN LITERASI DIGITAL PADA PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI KELAS 8G SMP NEGERI 2 PEDAN
Keywords:
Literasi Digital, Pembelajaran Islam, Teknologi PendidikanAbstract
Teknologi terus berkembang secara pesat. Kondisi ini sejalan dunia pendidikan yang dituntut untuk memanfaatkan perkembangan teknologi ini. Salah satu peran teknologi dalam dunia pendidikan adalah penerapan literasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan literasi digital pada pembelajaran agama islam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini melibatkan siswa kelas 8G SMP Negeri 2 Pedan sebagai subjek penelitian. Pengambilan data penelitian menggunakan wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan literasi digital dalam pembelajaran agama islam sudah dilakukan dengan baik dan dinilai dapat meningkatkan prestasi siswa kelas 8G SMP Negeri 2 Pedan. Selain itu, hasilnya juga menunjukkan bahwa siswa terlihat lebih aktif ketika pembelajaran agama islam dilakukan dengan memanfaatkan teknologi. Sehingga dapat dikatakan bahwa literasi digital sangat berperan dalam proses pembelajaran agama islam pada siswa kelas 8G SMP Negeri 2 Pedan.
Downloads
References
Anggraeni, H., Fauziyah, Y., & Fahyuni, E. (2019). Penguatan blanded learning berbasis literasi digital dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 9(2).
Ariastika, D. (2022). Penerapan literasi digital pada pembelajaran IPA dalam menghadapi kesiapan pendidikan di era society 5.0. FORDETAK: Seminar Nasional Pendidikan di Era Society 5.0, (pp. 132-143). Palangka Raya.
Desi, Y. P. (2019). Gerakan literasi digital berbasis sekolah: implementasi dan strategi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(1), 51-59.
Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Octafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan karakter siswa melalui pemanfaatan literasi digital. Jurnal Basicedu, 5(6). doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1609
Fernanda, F. F., Rahmawati, L. E., Putri, I. O., & Nur'aini, R. (2020). Penerapan literasi digital di SMP Negeri 20 Surakarta. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(2), 141-148. doi:DOI: 10.23917/blbs.v2i2.12842
Hanik, E. U. (2020). Self directed learning berbasis literasi digital pada masa pandemi covid-19 di madrasah ibtidaiyah. Elementary: Islamic Teacher Journal, 8(1), 184-210.
Moleong, L. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis literasi digital tenaga pendidik pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570-3577.
Yuniarto, B., & Yudha, R. P. (2021). Literasi digital sebagai penguatan pendidikan karakter menuju era society 5.0. Jurnal Edueksos: The Journal of Social and Economic Education, X(2), 176-195.
Yusuf, R., Sanusi, Maimun, Hayati, E., & Fajri, I. (2019). Meningkatkan literasi digital siswa Sekolah Menengah Atas melalui model project citizen. Prosiding Seminar Nasional: Reaktualisasi Konsep Kewarganegaraan Indonesia (pp. 185-200). Medan: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.
Zaenudin, H. N., Affandi, A. F., Priandono, T. E., & Haryanegara, M. E. (2020). Tingkat literasi digital siswa SMP di Kota Sukabumi . Jurnal Penelitian Komunikasi, 23(2), 167-180.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.