KOMPETENSI GURU DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN HADITS

Authors

  • Sokhibul Ikhsan SMP Negeri 2 Rawalo, Kab. Banyumas, Jawa Tengah

Keywords:

Kompetensi Guru, Perspektif Al-Qur’an dan Hadits\

Abstract

Penulisan karya tulis ini bertujuan untuk mengetahu: 1) Bagaimana kompetensi guru dilihat dari Al-Qur’an dan hadits; 2) Bagaimana Al-Qur’an dan Hadits menyebut istilah kompetensi guru; 3) Bagaimana persamaan dan sinkronisasi antara kompetensi guru dengan ajaran agama Islam dalam Al-Qur’an dan Hadits. Karya tulis ini termasuk karya tulis deskriptif atau studi pustaka (literature study) yaitu karya tulis untuk menggambarkan dan menjelaskan tentang sesuatu, dengan metode pengumpulan data merujuk pada berbagai sumber referensi dan literatur, seperti buku, laporan, majalah, jurnal, karya tulis dan media sejenisnya yang berkaitan dengan obyek pembahasan. Kompetensi guru dapat dimaknai sebagai kemampuan atau kecakapan yang (harus) dimiliki oleh seorang guru dalam bidang tugas keprofesionalannya yang mencakup pengetahuan, keterampilan, nilai, dan sikap yang direfleksikan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak. Ada empat kompetensi guru yang dimaksud di sini yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Al-Qur’an dan hadits sebagai sumber rujukan berbagai bidang ilmu, termasuk di dalamnya bidang pendidikan juga memuat penjelasan dan uraian tentang kompetensi guru, antara lain kompetensi pedagogik: Q.S.An-Najm ayat 5, 8, 9; kompetensi kepribadian: Q.S. Al-Ahzab ayat 21; kompetensi sosial Q.S. Ali Imron ayat 159; kompetensi profesional: Q.S. An-Najm ayat 10. Dari penjelasan singkat ini sudah cukup menjadi bukti bahwa ada sinkronisasi kompetensi guru dilihat dari perspektif Al-Qur’an dan hadits.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abuddin Nata. (199). Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu

Achjar Chalil. (2008). Pembelajaran Berbasis Fitrah , Jakarta : PT.Balai Pustaka

Ahmad Musthofa Al-Maraghi. (1989), Tafsir Al-Maraghi (Terjemahan), Semarang: PT. Karya Toha Putra

Ahmad Tafsir. (1994), Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya

E. Mulyasa. (2002), Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung; Remaja Rosdakarya

Kementrian Agama RI. (2011), Al-Qur’an dan Tafsirnya jilid 9, Jakarta: Widya Cahaya

M. Quraish Shihab. (2002), Tafsir Al-Mishbah (Pesan, Kesan dan keserasian Al-Qur’an) volume 7, Jakarta: Lentera Hati

Moh. Roqib. (2009), Ilmu Pendidikan Islam ; Pengembangan Pendidikan Intergratif Di Sekolah, Keluarga,Masyarakat, Yogyakarta: PT LKIS Printing Cemerlang

Muhibin Syah. (2000), Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2002), Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka

Tim Redaksi Sinar Grafika. (2009), Undang-Undang Guru dan Dosen (UU RI No. 14 Tahun 2005), Cet. 2, Jakarta : Sinar Grafika

Zakiah Daradjat. (1992), Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Sokhibul Ikhsan. (2024). KOMPETENSI GURU DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN HADITS. DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 93-102. Retrieved from https://dhabit.web.id/index.php/dhabit/article/view/93