FILSAFAT PENDIDIKAN DALAM PANDANGAN MARIA MONTESSORI

Authors

  • Khafid Islahul Ula Universitas Islam Negeri KH. Abdurrahman Wahid, Pekalongan
  • M. Sugeng Sholehuddin Universitas Islam Negeri KH. Abdurrahman Wahid, Pekalongan
  • Abdul Khobir Universitas Islam Negeri KH. Abdurrahman Wahid, Pekalongan

Keywords:

Filsafat Pendidikan, Maria Montesori

Abstract

Filsafat pendidikan dapat dikatakan dapat memecahkan persoalan-persoalan yang mendasar dalam pendidikan, seperti dalam menentukan tujuan pendidikan, kurikulum, metode pembelajaran, manusia, masyarakat, dan kebudayaan yang tidak dapat dipisahkan dari dunia pendidikan itu sendiri. Namun, ada sementara kalangan, filosof, atau negara seperti Amerika Serikat, yang meletakkan filsafat pendidikan atas dasar pengkajian beberapa aliran filsafat tertentu, seperti pragmatisme, realisme, idealisme, dan eksistensialisme, lalu dikaji bagaimana konsekuensi dan implikasi dalam dunia pendidikan. Artikel ini membahas tentang konsep pendidikan yang diusung oleh Maria Montesori, dimana beliau merupakan salah satu tokoh pendidikan Barat yang mendedikasikan hidupnya untuk mendalami dunia pendidikan khususnya dalam pendidikan anak-anak. Teori-teori pendidikan Barat seringkali mengesampingkan nilai-nilai Islam dan memunculkan kesan bahwa perintis keilmuan pendidikan berasal dari Barat. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mempelajari tokoh-tokoh pendidikan Barat dan memahami konsep-konsep dasar ilmu pendidikan agar dapat mengembangkan pendidikan Islam yang relevan dengan kebutuhan sekarang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Paul Edward (Ed), 1972. The Encylopedia of Philosophy, Volume 1 New York : Memilian Publishing

Berling, 1974. The Encyclopedia of Amerika Vol IX : Amerika Corporation

Frederick Copleston S.J., 1966. A History of Philosophy Vol. VIII. London : Bans and Oates Limited

Jalaluddin, abdullah Idi, 2002. Filsafat Pendidikan: Manusia, Filsafat dan Pendidikan Jakarta: Gaya Media Pratama

John Dewey, 1938. Logic The Theory of Inguiry, New York : Holt, Rinehart and Winston

C.S Pierce, 1955. The Fixation of Belief dalam Justus Buchler (ed), Philosophy Writings of Pierce, New York : Dover

F.W. Garforth, (Ed), 1996. An Introducation and Commentary, in John Dewey Selected Educational Writings, London : Heineman

John Dewey, 1964. Democracy and Education ; An Intraducation to the Philosophy of Educational, NewYork : The Mecmillan Company

Lillard, P. 2017. Montessori A Modern Approach. NewYork : Schocken Books Inc. Masyrofah

Masyrofah, M. 2017. Model Pembelajaran Montessori Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Montessori, M. 1949b. The Absorbent Mind. Madras : Theosophical Publishing House.

Nasution,R.A. 2017. Penanaman Disiplin dan Kemandirian Anak Usia Dini dalam Metode Maria Montessori.

Wulandari, D. A., Saifuddin, Muzakki, Z. A. 2018. Implementasi Pendekatan Metode Montessori dalam Membentuk Karakter Mandiri pada Anak Usia Dini. Awlady : Jurnal Pendidikan Anak.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Khafid Islahul Ula, M. Sugeng Sholehuddin, & Abdul Khobir. (2024). FILSAFAT PENDIDIKAN DALAM PANDANGAN MARIA MONTESSORI. DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 84-92. Retrieved from https://dhabit.web.id/index.php/dhabit/article/view/92