PENERAPAN MAKE A MATCH TINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI IMAN KEPADA NABI
Keywords:
Make a Match, Motivasi, Prestasi BelajarAbstract
Rendahnya semangat belajar berdampak negative terhadap efektifitas pembelajaran. Perlu dicari permasalahannya dan disikapi mengapa minat dan motivasi dalam belajar di kelas cenderung rendah. Setelah diamati, rendahnya motivasi belajar PAI disebabkan metode/strategi pembelajaran masih konvensional dan siswa pasif. Untuk mengatasinya penelitian difokuskan pada menerapkan model pembelajaran aktif Make A Match dalam pembelajaran PAI. Permasalahannya bagaimana proses pembelajaran dengan make a match meningkatkan motivasi belajar siswa, peningkatan prestasi belajar dengan make a match dan tanggapan siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan make a match. Tujuan penelitian mendeskripsikan pembelajaran Make a Match dalam meningkatkan motivasi belajar. Meningkatkan prestasi belajar setelah pembelajaran model Make a Match. Langkah siklus: perencanaan, tindakan, pengamatan, evaluasi dan refleksi. Sasaran penelitian kelas VIII-G SMPN 32 Purworejo. Data observasi, kuisioner, hasil tes dan dokumen. Hasil analisis bahwa: Pembelajaran make a match berjalan optimal, motivasi belajar mengalami peningkatan dari siklus I sampai II naik 69%. Prestasi belajar menggunakan make a match dapat meningkatkan prestasi belajar, naik 16,67. Ketuntasan belajar kondisi awal naik meningkat 42,97%. Hasil angket 96,86% memberi tanggapan positif terhadap pembelajaran model Make a Match. Simpulan strategi pembelajaran aktif model Make A Match meningkatkan motivasi dan prestasi belajar materi Iman kepada Nabi, Siswa serta pembelajaran Make A Match cukup efektif alternative pembelajaran.
Downloads
References
Hisyam Zaini, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani.2008, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta, Pustaka Insan Madani.
Moh. Ali. 1984, Bimbingan Belajar, Bandung, Sinar Baru.
Moleong, Lexy. J. 2002, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhammad Irham, Sulaiman Saat, Sitti Mania. 2016 “Penerapan Model Pembelajaran Card Shot Dan Make a Macth Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 3 Galesong Selatan Kab. Takalar”. irhamiank90.gmail.com. 12 Nopember 2020
Mulyasa. 2010, Praktik Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nelidar. 2014, “Model Pembelajaran Make a Macth Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VIII-C SMP Negeri 200 Jakarta. 12 Nopember 2020.
Oemar Hamalik. 1992, Psikologi Belajar Mengajar, Bandung, Sinar Baru.
Siti Khofiyah. 2014, “Implementasi Model Make a Match untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PAI di SMP N 01 Kesesi. https.//doi.org/10.14421/jpai.2020.171-07. 12 Nopember 2020.
Sukidin,dkk. 2010, Manajemen Penelitian Tindakan Kelas, Insan Media, Cet. ke 4.
Sutrisno, Revolusi Pendidikan di Indonesia Membedah Metode dan Teknik Pendidikan Berbasis Kompetensi, Yogyakarta, Ar Ruzz Media, 2005.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.