PEMBIMBINGAN GURU PAI DAN BUDI PEKERTI SMP DALAM MERANCANG DAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MELALUI TEKNIK “SUPERNIS DIBALIK TERAS”

Authors

  • Tatik Pudjiani

Keywords:

pembelajaran berdiferensiasi, “Teknik Supernis Dibalik Teras ”

Abstract

“Pembimbingan guru PAI dan Budi Pekerti SMP dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi melalui teknik Supernis Dibalik Teras” bertujuan untuk (1) memberikan wawasan tentang  pembelajaran berdiferensiasi , (2) meningkatkan kompetensi guru merancang modul ajar yang memuat pembelajaran berdiferensiasi , dan (3) mendorong guru untuk melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi . Best Practice ini dilaksanakan melalui kegiatan (1) supervisi klinis, (2) diskusi balikan, (3) penugasan dan pembimbingan menyusun modul ajar yang memuat pembelajaran berdiferensiasi, serta (4) monitoring terhadap penerapan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan modul ajar  yang telah dirancang. Hasil pembimbingan guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi  melalui “Teknik  Supernis Dibalik Teras ” adalah (1) guru memperoleh wawasan tentang pembelajaran berdiferensiasi, (2) kompetensi guru dalam menyusun modul ajar yang memuat pembelajaran berdiferensiasi meningkat, dan (3) pembelajaran berdiferensiasi dapat terlaksana di kelas-kelas. Hasil akhir penerapan Teknik  Supernis Dibalik Teras terhadap 24 guru PAI dan Budi Pekerti SMP pada penyusunan modul ajar yang memuat pembelajaran berdiferensiasi diperoleh 9 guru memperoleh kualifikasi amat baik, 13 guru baik, 2 guru cukup, dan tidak ada guru yang memperoleh nilai dengan kualifikasi kurang. Adapun dalam hal keterlaksanaan pembelajaran berdiferensiasi diperoleh hasil 7 guru memperoleh kualifikasi amat baik, 15 guru baik, dan 2 guru cukup.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir. (2009). Pembelajaran Berdiferensiasi: Alternatif Pendekatan bagi Anak Berbakat. Edukasi Vol (1). 57 – 67

Harsanto, Radno. (2007). Pengelolaan Kelas yang Dinamis. Yogyakarta: Kanisius.

Masaong, Abdul Kadim. (2013). Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru. Bandung: Alfabeta.

Purba, Mariati dkk. (2021), Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) Pada Kurikulum Fleksibel Sebagai Wujud Merdeka Belajar, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Pusat Kurikulum dan Pembelajaran

Sahertian, Piet A. (2008). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Rineka Cipta Sejati. Yogyakarta: Best Publisher.

Sembiring, M. Gorky (2009). Mengungkap Rahasia dan Tips Manjur Menjadi Guru

Shihab, Najelaa dan Komunitas Guru Belajar. (2016). Diferensiasi: Memahami Pelajar untuk Belajar Bermakna dan Menyenangkan. Jakarta: Lentera Hati

Syukur Salman, Muh. (2015). Menjadi Guru yang Dicintai Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Yoyok Prima Maulana, (https://intisari.grid.id/read/0392335/ajaran-ki-hadjar-dewantara-diadopsi-finlandia?page=all) diakses tanggal 6 Desember 2022

Permendikbudriset No. 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah

Permendiknas Nomor 12 Tahun 2007. Standar Pengawas Sekolah/Madrasah

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Tatik Pudjiani. (2023). PEMBIMBINGAN GURU PAI DAN BUDI PEKERTI SMP DALAM MERANCANG DAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MELALUI TEKNIK “SUPERNIS DIBALIK TERAS”. DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 59-71. Retrieved from https://dhabit.web.id/index.php/dhabit/article/view/64