MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI DAMASKUS PUSAT PERADABAN TIMUR ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL JALASUTRA ST-3

Authors

  • Siti Musfiroh

Keywords:

hasil belajar, jalasutra ST-3, peradaban islam Damaskus

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari pengamatan penulis tentang rendahnya hasil belajar siswa khususnya materi Damaskus Pusat Peradaban Timur Islam pada kelas VII C yang perlu ditingkatkan, hal ini sesuai dengan hasil belajar siswa yang  menunjukkan hanya 16 siswa dari 25 siswa kelas VII C (64%) yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditentukan, yaitu 75. Tujuan penelitian ini untuk 1). Mendiskripsikan bagaimana penerapan  model pembelajaran jalasutra ST–3 dalam proses kegiatan belajar mengajar PAI di SMP Negeri 1 Gembong Pati tahun pelajaran 2022/2023. 2) Mengetahui apakah melalui pembelajaran dengan model jalasutra ST-3  dapat meningkatkan hasil belajar , khususnya bagi siswa kelas VII C di SMP Negeri 1 Gembong Pati tahun pelajaran 2022/2023. Data penelitian ini  diperoleh menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan tes tertulis. Sedangkan instrumennya berupa dokumen catatan jurnal pembelajaran, lembar observasi dan butir soal tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar, dimana hasil belajar pada kondisi awal ketuntasannya hanya 64% setelah dilakukan tindakan menjadi 92%, sehingga simpulannya melalui pembelajaran dengan model Jalasutra ST-3  dapat meningkatkan hasil belajar , khususnya bagi siswa kelas VII C di SMP Negeri 1 Gembong Pati tahun pelajaran 2022/2023.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asrori, Mohammad. 2009. Active Learning : 101 Pembelajaran Active. Yogyakarta : Pustaka Insan Madani.

Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Pendekatan Kontekstual. Jakarta : Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah

Dimyati dan Mudjono.2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rikena Cipta.

Huda, Miftahul 2011. Cooperatif Learning ; Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yokyakarta: Pustaka Jaya.

Rudi dan Sumiyati. 2021. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembukuan.

Sumiati dan Asra. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima.

Supriyono, A. 2011. Cooperatif Learning ; Teori dan Aplikasi PAKEM.Yokyakarta: Pustaka Pelajar.

Syaiful Bahri dan Aswan Zain, 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tabrani, Mohammaddan Arif Mustofa. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta AR - RUZZ Media

Refita.blogspot.com /..../, (diunduh 5 Mei 2022 pukul 10.48)

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Siti Musfiroh. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI DAMASKUS PUSAT PERADABAN TIMUR ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL JALASUTRA ST-3. DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 51-58. Retrieved from https://dhabit.web.id/index.php/dhabit/article/view/63