PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN METODE CIRC TEKNIK “BATU ARTIS” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI.IPA.1 SMAN 2 SEMARANG SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Keywords:
multimedia interaktif, metode CIRC, teknik “batu artis”, hasil belajarAbstract
Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah proses pembelajaran, dan seberapa banyak peningkatan hasil belajar al-Qur’an dengan multimedia interaktif melalui metode CIRC teknik “batu artisi” pada peserta didik kelas XI.IPA.1 SMAN 2 Semarang. PTK ini dilakukan dua siklus.Terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar peserta didik. Rerata ulangan harian sebelum penelitian tindakan (Pra PTK) 74,41 naik menjadi 78,82 pada siklus I dan 85,29 pada siklus II. Prosentase ketuntasan sebelum PTK 67,65 % (tuntas 23 peserta didik), menjadi 79,41 % (tuntas 28 peserta didik) pada siklus I dan 100% pada siklus II
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Huda, Miftahul.2011 Cooperative Learning, Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Sadiman, Arif, S. Raharjo. Haryono, Anung. Rahardjito.2003. Media Pendidikan. Bandung:Rajagrafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:Kencana.
Suprayekti. 2003. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas.
Tholhah (ed.). 2011. Buku Pengayaan Guru PAI,Pendidikan Kewarganegaraan,Budaya Dan Agama. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Uno, Hamzah B. 2008. Model Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara
Uno, Hamzah B. Lamatenggo, Nina. 2011. Teknologi Komunikasi Dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Usman, Uzer. 1993. Upaya Optimalisasi kegiatan Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.