UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MELALUI PEMBERIAN TUGAS BERBASIS PORTOFOLIO
Keywords:
Peningkatan, Prestasi Belajar, PortofolioAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) mengetahui pelaksanaan pemberian tugas berbasis portofolio untuk meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa, 2) meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa melalui pemberian tugas berbasis portofolio. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), terdiri dari tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri atas perencnaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 20 Semarang yang mempunyai prestasi belajar rendah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam disebabkan kurangnya fariasi metode pemberlajaran yang selama ini berlangsung. Peneliti kemudian menggunakan strategi pembelajaran dengan pemberian tugas berbasis portofolio untuk meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VIII G SMP Negeri 20 Semarang. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode tes untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap konsep pendidikan agama Islam, metode observasi untuk mengmati proses pembelajaran pendidikan agama Islam melalui pemberian tugas berbasis portofolio (aktifita guru, partisipasi siswa), dan metode dokumentasi untuk mengetahui nam siswa, jumlah siswa dan nilai pendidikan agama Islam baik sebelum / sesudah diberi pembelajaran dengan pemberian tugas berbasis portofolio. Setelah dilaksanakan tindakan melalui pemberian tugas berbasis portofolio, prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII G SMP Negeri 20 Semarang meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya rerata penilaian tes akhir siswa pada tiap siklusnya, yaitu : siklus I = 77,16, siklus II = 80,38 dan siklus III = 82,94.
Dari hasil penelitian tersebut, diharapkan strategi pembelajaran dengan pemberian tugas berbasis portofolio untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dapat diterapkan oleh guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada khususnya dan mata pelajaran lain pada umumnya. meningkatkan pemahaman tajwid peserta didik.
Downloads
References
Ahmadi, Dasar Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Dalam Habib Thoha (edr), PBM di Sekolah, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 1998.
Andayani, Abdul Majid dan Dian, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2004.
Aqib, Zainal, Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: CV. Yrama Widya, 2006.
________________, Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Yrama Media, 2009.
Arikunto, Suharsimi, Manajemen Pengajaran, Yogyakarta: Rineka Cipta, 1980.
________________, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
________________,.dkk, Penetian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Azizy, A. Qodri A., Pendidikan Agama Untuk Membangun Etika Sosial, Semarang: Aneka Ilmu, 2007.
Budimansyah, Dasim, Model Pembelajaran dan Penilaian Berbasis Portofolio, Bandung: PT. Grasindo, 2002.
________________, Model Pembelajaran Portofolio PAI, Bandung: Genesindo, 2003.
Debdiknas, Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, t.th.,.
Departemen Agama RI, Al-Qur'an dan Terjemahnya, Bandung: Diponegoro, 2005.
Fajar, Arnie, Portofolio Dalam Pelajaran IPS, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2004.
Gunawan, H, Kebijakan-kebijakan Pendidikan di Indonesia, Jakarta: Bina Aksara, 1906.
Hamdani, Saeful, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam, Bandung: Rosdakarya,2003.
Hatta, Sumarna Surapranata dan Muhammad, Penilaian Berbasis Kelas, Penilaian Portofolio : Implementasi Kurikulum 2004, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004.
Hill, Mc Graw-, Production to Psychology, New York: Kogakusa. Ltd., 1971.
Himpunan Perundang-undangan RI tentang Guru dan Dosen (Undang-undang No. 14, 2005), Bandung: CV. Nuansa Aulia, 2006.
Kurnianto, Rido, et. All., Penelitian Tindakan Kelas “Edisi Pertama”, Surabaya: Lapis PGMI, 2009.
Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Margono, S., Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Mu’ti, Chabib Thaha dan Abdul, PBM PAI di Sekolah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998.
Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.
________________, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Madrasah dan Perguruan Tinggi, Jakarta: Rajawali Pers, 2007.
Mulyasa, E., Praktik Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.
________________, Kurikulum Berbabasis Kompetensi. Konsep Karakteristik dan Implementasi Bandung: Remaja Rosda karya, 2002.
Muslich, Masnur, KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual, Cet. Ke –4, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Nasution, J. Musell &, Mengajar dengan Sukses, Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
Purwanto, Ngalim, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.
Pusat Bahasa Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2003.
Rosyada, Dede, Paradigma Pendidikan Demokratis, Yogyakarta: CTSD, 2002.
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta : Rineka Cipta, 1995.
Sudjana, Nana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung : PT Sinar Baru Algensindo, 2000.
Sujiono, Annas, Strategi Penilaian Hasil Belajar, Jakarta: PT. Rosdakarya, 2002.
Surya, Moh., Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran, Bandun
g: Pustaka Bani Qurays, 2004.
Tim Redaksi Nuansa Aulia, Himpunan Perundang-Undangan RI Tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 Beserta Penjelasanya, Cet 1, Bandung : Nuansa Aulia, 2008.
Tohirin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2005.
Undang-undang No. 2 Th. 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), Yogyakarta : Media Wacana Press, 2003.
Usman, Syafrudin Nurdin, M. Basyiruddin, Guru Profesional & Implementasi Kurikulum, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.
Wiraatmaja, Rociati, Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Witting, Arno F., Psychology of Learning, United States of America: Mc Graw-Hill, 1981
.
Zaini, Hisyam, dkk., Desain Pembelajaran, Yogyakarta: CTSD, 2002.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.