PENERAPAN SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN MUTU GURU DI SDN 1 TANJUNGANOM KEPIL WONOSOBO

Authors

  • Rohani Kepala SDN 1 Tanjunganom Kepil Wonosobo

Keywords:

supervisi klinis, mutu guru, pembelajaran, SD Negeri 1 Tanjunganom

Abstract

Rohani (2022). “Supervisi Klinis Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Guru Dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus SD Negeri 1 Tanjunganom Kepil Wonosobo Tahun Pelajaran 2022/2023)”. Penelitian Tindakan Sekolah ini fokus pada pelaksanaan supervisi klinis di SD Negeri 1 Tanjunganom Kepil Wonosobo. Permasalahan yang hendak dipecahkan adalah: 1) Bagaimana penerapan supervisi klinis kepala sekolah untuk meningkatkan mutu guru dalam proses pembelajaran di SD Negeri 1 Tanjunganom Kepil Wonosobo tahun pelajaran 2022/2023. dan; 2) Sejauhmana efektifitas penerapan supervisi klinis kepala sekolah dalam meningkatkan mutu guru dalam proses pembelajaran di SD Negeri 1 Tanjunganom Kepil Wonosobo tahun pelajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembinaan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan mutu guru dalam proses pembelajaran melalui supervisi klinis menunjukan peningkatan pada tiap-tiap putaran  (siklus); (2) Aktivitas dalam kegiatan pembinaan menunjukan bahwa guru  dapat meningkatkan mutu guru dalam proses pembelajaran, dengan baik dalam setiap aspek; (3) Peningkatan mutu guru dalam proses pembelajaran oleh kepala sekolah melalui supervisi klinis  ini menunjukan peningkatan pada tiap-tiap putarannya; (4) Aktivitas guru menunjukan bahwa kegiatan pembinaan melalui supervisi klinis bermanfaat dan dapat membantu meningkatkan  mutu guru dalam proses pembelajaran,  untuk lebih muda memahami konsep peran dan fungsi guru sehingga kinerja guru dapat meningkat,dengan demikian capaian mutu guru dapat ditingkatkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Acheson, K. A., & Gall, M. D. (1997). Techniques in the clinical supervisionof the teachers: Preservice and inservice applications (4th ed.). White Palins, NY: Longman.

Arends Richard I. (2007). Learning to Teach. Seventh edition. New York: McGraw Hill Companies.

Depdiknas RI, 2003 Undang Undang No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: depdiknas

____________, 2005, Undang No 14 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: depiknas.

Dirjen PMPTK, 2007. Peraturan Menteri No 12 Tentang Standar Kompetensi Kepala Sekolah. Jakarta: Dirjen PMTK Depdiknas.

Dirjen PMPTK, 2011. Bahan Belajar Mandiri Kelompok Kerja Kepala Sekolah.Dimensi Supervisi klinis. Jakarta: Dirjen PMTK depdiknas.

Glatthorn, A. A. (1990). Supervisory leadership: Introdution to instructional supervision. New York: HarperCollins.

Glatthorn A. A. (1984). Differentiated supervision. Alexandria, V A: Association for Supervision and Curriculum.

Glickman, C. D. (1990). Supervision of instruction: A developmet approach (2nd ed.). Boston: Allyn and Bacon. Supervisi Klinis-KKPS 3

Pidarta, Made . 1990. Perencanaan Pendidikan Partisipatori. Jakarta : Rineka Cipta

________. 1997. Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta

________, 1999. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara.

Purwanto, Ngalim. M, 2005. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Rohani. (2022). PENERAPAN SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN MUTU GURU DI SDN 1 TANJUNGANOM KEPIL WONOSOBO. DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 158 - 168. Retrieved from https://dhabit.web.id/index.php/dhabit/article/view/53