EFEKTIVITAS METODE DRIIL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL QUR’AN
Keywords:
Keterampilan Membaca Al-Qur’an, Metode DrillAbstract
Latar belakang penelitian ini karena rendahnya nilai keterampilan membaca al- Qur’an bagi kelas XI –IPS 1 SMA Negeri 1 Blora semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini disebabkan selaian faktor zonasi dalam PPDB, juga banyak peserta didik dari keluarga dan masyarakat yang kurang agamis serta penerapan metode pembelajaran yang cenderung hanya menggunakan metode ceramah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Tujuannya untuk mengetahui efektifitas penggunaaan metode driil untuk meningkatkan keterampilan membaca al Qur’an. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus Hasil penelitian menunjukkan, keterampilan peserta didik dalam membaca al Qur’an mengalami peningkatan ; ditinjau dari aspek kelancaran dan pelafatan pada siklus I ke siklus II, meningkat 72 % dan pada aspek tajwid mencapai 81 %. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan peserta didik dalam pembelajaran membaca al-Qur’an dengan menggunakan metode drill kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Blora semester genap tahun pelajaran 2019/2020 mengalami peningkatan yang signifikan..
Downloads
References
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta:
Darajat, Zakiyah. (2001). Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta : Bumi Aksara bekerja sama Ditjen BinBaga Islam Depag.
Hermawan, Acep. (2014). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosda Karya
Mansyur, (1981), Metodologi Pendidikan Agama, Jakarta : CV. Forum.
Sudjana, Nana. (2000). Dasar-Dasar Belajar Mengajar, Bandung : Sinar Baru Algesindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.