EFEKTIVITAS METODE DRIIL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL QUR’AN

Authors

  • Sagiman Guru PAI SMA Negeri 1 Blora

Keywords:

Keterampilan Membaca Al-Qur’an, Metode Drill

Abstract

Latar belakang penelitian ini karena rendahnya nilai keterampilan membaca al- Qur’an bagi kelas XI –IPS 1 SMA Negeri 1 Blora semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini disebabkan selaian faktor zonasi dalam PPDB, juga banyak peserta didik  dari keluarga dan masyarakat yang kurang agamis serta penerapan metode pembelajaran yang cenderung hanya menggunakan metode ceramah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Tujuannya untuk mengetahui efektifitas penggunaaan metode driil untuk meningkatkan keterampilan membaca al Qur’an. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus Hasil penelitian menunjukkan, keterampilan   peserta didik dalam membaca al Qur’an mengalami peningkatan ; ditinjau dari aspek kelancaran dan pelafatan pada siklus I ke siklus II, meningkat 72 % dan pada aspek tajwid mencapai 81 %. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan peserta didik dalam pembelajaran membaca al-Qur’an dengan menggunakan metode drill kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Blora semester genap tahun pelajaran  2019/2020 mengalami peningkatan yang signifikan..

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta:

Darajat, Zakiyah. (2001). Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta : Bumi Aksara bekerja sama Ditjen BinBaga Islam Depag.

Hermawan, Acep. (2014). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosda Karya

Mansyur, (1981), Metodologi Pendidikan Agama, Jakarta : CV. Forum.

Sudjana, Nana. (2000). Dasar-Dasar Belajar Mengajar, Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Sagiman. (2022). EFEKTIVITAS METODE DRIIL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL QUR’AN. DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 153 - 157. Retrieved from https://dhabit.web.id/index.php/dhabit/article/view/52