UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI IMAN KEPADA MALAIKAT ALLAH MELALUI METODE QUESTIONS STUDENT HAVE
Keywords:
Hasil belajar, PAI, Metode Quistion Student HaveAbstract
Pembelajaran PAI dikelas IVB SDN Gabus 01 Pati belum maksimal. Hal ini disebabkan karena penerapan metode pembelajaran yang kurang tepat. Pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah. Sehingga siswa tidak bersemangat dan hasil belajarnya kurang optimal. Penerapan metode Quistion Student Have (QSH) bertujuan meningkatkan hasil belajar PAI materi Iman Kepada Malaikat Allah pada siswa kelas IVB. Rumusan masalah: Apakah melalui metode Questions Student Have (QSH) dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi Iman kepada Malaikat Allah pada Siswa Kelas IVB SDN Gabus 01?. Tujuan penelitian : meningkatkan hasil belajar PAI materi Iman kepada Malaikat Allah melalui metode Quistion Student Have pada siswa kelas IVB SDN Gabus 01. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang rancangannya terbagi dalam 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Analisis data dan data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah teknik tes dan nontes yang meliputi observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan : hasil belajar pra siklus presentase ketuntasan 32,14%, hasil belajar siklus I presentase ketuntasan meningkat menjadi 57,15% dan siklus II presentase ketuntasan mencapai 85,72%. Kesimpulannya adalah melalui metode Quistion Student Have dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi Iman kepada Malaikat Allah pada siswa kelas IVB SDN Gabus 01 Pati.
Downloads
References
Ahmadi. (2005). Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Adyka.
Arikunto, Suharsimi. (1997). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri M.Ag & Zain, Drs. Aswan. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. (2010). Psikologi Belajar, Bandung: PT Sinar Baru Algesindo.
Majid, Abdul dan Andriani, Dian. (2004). Pendidikan Agama IslamBerbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Slameto, (2010). Belajar dan Faktor–faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suprijono, Agus. (2011). Cooperative Learning. Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sutama. (2011). Penelitian Tindakan. Semarang: CV Citra Mandiri Utama.
Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Syahid Raharjo. (2013). Pembelajaran Questions Students Have. Diunduh pada tanggal 25 Februri 2020, dari http://layanan-guru.blogspot.com/2013/04/strategi-pembelajaran-questions.html
Zaini, Hisyam dkk,. (2008). Srategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.