MODERASI BERAGAMA MELALUI BUDAYA SEKOLAH

Authors

  • Nanang Qosim Dosen Agama Islam Poltekkes Kemenkes Semarang

Keywords:

Moderasi Baragama, Budaya Sekolah

Abstract

Moderasi beragama adalah proses memahami sekaligus mengamalkan ajaran agama secara adil dan seimbang, agar terhindar dari pelaku ekstrem atau berlebih-lebihan saat mengimplementasikannya. Cara pandang dan sikap moderat dalam beragama sangat penting bagi masyarakat seperti di indonesia, karena dengan hal itu keragaman dapat mewujudkan sikap dengan bijak, toleransi, dan keadilan. Sekolah menjadi tempat yang tepat untuk menanamkan nilai dari moderasi beragama, karena sekolah merupakan miniatur kehidupan bermasyarakat. Diperlukan suatu budaya sekolah yang terstruktur sehingga nilai-nilai moderasi beragama dapat diterima dan ditangkap oleh peserta didik. Dalam penerapan budaya sekolah, diperlukan andil dari setiap masyarakat di sekolah, mulai dari kepala sekolah, tenga pendidik, sampai tenaga kependidikan. Penanaman nilai moderasi beragama dapat dimulai dari kurikulum dan pembelajaran di dalam kelas serta melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan kebiasaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah Munir, Aisyahnur Nasution, Abd. Amri Siregar, D. (2020). Moderasi Beragama di Era Disrupsi Digital. In Zigie Utama.

Al-Qardawi, Y. (1983). Al-Khas{=a}is al-‘Ammah li al-Isl{=a}m. Bairut: Mu’assasah ar Risalah.

Al-Zuhayli, W. (2006). Qadaya al-Fiqhwa al-Fikr al-Mu’asir. Damascus: Dar Al-Fikr.

Alam, A., & Ahmad, M. (2018). The role of teachers’ emotional intelligence in enhancing student achievement. Journal of Asia Business Studies.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Ibrahim, M. K. (2008). Kamus Arab Indonesia--Indonesia Arab. Surabaya: Apollo, t. Th.

Kamus, T. P. (2005). Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2019). Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Agama Islam. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.

Kementerian Agama RI. (2019). Moderasi Beragama. In Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Khalid, A., Pd, S. I., & Pd, M. I. (n.d.). KHITTOH NAHDIYAH Sebagai Upaya Pengembang Kehidupan Keberagaman Dan Keagamaan Di Indonesia KHITTOH NAHDIYAH Sebagai Upaya Pengembang Kehidupan Keberagaman Dan Keagamaan Di Indonesia Penulis Ahmad Halid , S . Pd . I , M . Pd . I Editor Siti Muflihatul Hasanah Desain Grafis dan Layout Yogananda W . A.

Maarif, N. H. (2017). Islam mengasihi bukan membenci. Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Mannan, K. A. (2012). Ahlussunnah wal jama’ah: akidah umat Islam Indonesia.

Marcoulides, G. A., Heck, R. H., & Papanastasiou, C. (2005). Student perceptions of school culture and achievement: Testing the invariance of a model. International Journal of Educational Management, 19(2), 140–152. https://doi.org/10.1108/09513540510582435

Muhaimin, M. A. (2015). Manajemen Pendidikan (Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah). Prenada Media.

Sugiyono, D. (2010). Memahami penelitian kualitatif.

Supardi, S. (2015). Sekolah Efektif: Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Yulianto, R. (2020). Implementasi budaya madrasah dalam membangun sikap moderasi beragama. DTC-Membangun Moderasi Beragama, 139.

Zamimah, I. (2018). Moderatisme islam dalam konteks keindonesiaan. Jurnal Al-Fanar, 1(1), 75–90.

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Nanang Qosim. (2022). MODERASI BERAGAMA MELALUI BUDAYA SEKOLAH. DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 131 - 138. Retrieved from https://dhabit.web.id/index.php/dhabit/article/view/49