MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MELALUI METODE READING ALOUD DAN QUIZIZZ MATERI SEJARAH DAKWAH RASULULLAH SAW DI MADINAH
Keywords:
Prestasi belajar, PAI, Metode Reading Aloud dan QuizizzAbstract
Pembelajaran PAI pada mata pelajaran sejarah islam kelas X belum maksimal. Hal ini disebabkan karena penerapan metode pembelajaran yang kurang tepat. Pembelajaran sebelumnya hanya menggunakan metode ceramah. Sehingga siswa tidak bersemangat dan hasil belajarnya kurang optimal. Penerapan metode Reading Aloud dan Quizizz, bertujuan meningkatkan prestasi belajar pada pelajaran sejarah kebudayaan islam. Rumusan masalah: Apakah melalui metode Reading Aloud dan Quizizz dapat meningkatkan prestasi belajar PAI pada materi Sejarah Dakwah Rasulullah di Madinah Kelas X di SMA Negeri 4 Semarang? tujuan penelitian : Meningkatkan prestasi belajar PAI pada materi Sejarah Dakwah Rasulullah di Madinah Kelas X di SMA Negeri 4 Semarang dengan metode Reading Aloud dan Quizizz pada siswa kelas X di SMA Negeri 4 Semarang Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang rancangannya terbagi dalam 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Analisis data dan data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Teknik penelitian pengumpulan datanya adalah teknik tes dan nontes yang meliputi observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan : hasil belajar pra siklus dengan menerapkan metode konvensional diperoleh nilai rata-rata prestasi belajar siswa adalah 66.91 dan ketuntasan belajar mencapai 40% atau ada 14 siswa dari 36 siswa yang tuntas belajar. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pada Pra-siklus secara klasikal siswa belum tuntas belajar (60 %) ,lebih kecil dari presentasi yang dikehendaki yaitu sebesar > 78 %. Kesimpulannya adalah melalui metode Reading Aloud dan Quizizz dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada materi Sejarah Dakwah Rasulullah di Madinah Kelas X di SMA Negeri 4 Semarang
Downloads
References
Abdul Majid. 2013. Strategi Pembelajaran. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya).
Aqib, Zainal, Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Konstekstual (Inovatif), Bandung, Yrama Wedia.
Arikunto, Suharsimi, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Arikunto, Suharsimi, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta, Andi Offet, 2004, Jilid I
Kemdikbud, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas x, 2014 Jakarta
Kemendikbud, Buku Guru Pendidikan agama Islam dan budi pekerti, KDT, Jakarta 2O15
Mahmud, , Psikologi Pendidikan, Bandung, CV.Pustaka Setia.
Majid,Abdul, , 2014, Strategi Pembelajaran, Bandung,PT Remaja Rosda Karya
Margono, dkk, 2006, Agama Islam 3, Bogor, Penerbit Yudhistira.
Muhajir,Noeng, Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rake Sarasin, 1996.
Soenarjo, 1971, Tafsir al-Qur’an, Jakarta, Departemen Agama RI.
Suhana, Cucu, 2014, Konsep Strategi Pembelajran, Bandung, PT Refika Aditama
Tim Redaksi, Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional 2003 (UU RI NO.20 TH. 2003),
Walgito, Bimo, , 2004, Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta, Andi Ofset.
Wardoyo, Sigit Mangun, M.Pd,2013, Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Graha Ilmu
Wiratmaja, Rochiati, Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
Situs Web :
http://dianeko18.blogspot.com/2012/05/model-pembelajaran-student-teams.html,
http://modelpembelajarankooperatif.blogspot.com/2012/0/student-team
http://www.duniapelajar.com/2014/08/05/pengertian-observasi-menurut-para-ahli/,
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.