NILAI KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM PAI DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Marijo SD Negeri Tingkir Tengah 01 Kota Salatiga

Keywords:

Nilai karakter, Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Abstract

Penelitian ini menjelaskan mengenai nilai karakter Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Sekolah Dasar. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti salah satu mata pelajaran yang terdapat pada kurikulum nasional yang tentu diharapkan mendukung mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Salah satu visi dan misi mewujudkan tujuan pendidikan yaitu memperbaiki karakter bangsa dengan Profil Pelajar Pancasila. Perlu dikaji nilai karakter yang terdapat pada Profil Pelajar Pancasila terhadap Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Bagaimana nilai pendidikan karakter yang terdapat pada Profil Pelajar Pancasila keterkaitan ciri dan elemen yang ada dalam Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti dilakukanan analisis terhadap dokumen kurikulum. Jenis penelitian ini merupakan gabungan antara studi dokumen (document study), sedangkan metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Studi dokumen menganalisis dokumen pendidikan karakter, Profil Pelajar Pancasila, dan Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Sekolah Dasar. Analisis terhadap nilai karakter Profil Pelajar Pancasila dan Kurikulum Pendidikan Agama Islam dapat disimpulkan; pertama, elemen yang terdapat para Pelajar Pancasila berupa kompetensi karakter yang memperkuat penanaman karakter; kedua, terdapat materi kurikulum pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang sejalan dengan elemen maupaun elemen kunci pada Profil Pelajar Pancasila; ketiga, guru pendidikan Pendidikan Agama Islam dapat berperan aktif dalam terwujudnya profil Pelajar Pancasila melalui pembelajaran PAI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Madjid. (2011), Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: Rosdakarya.

Abdul Majid dan Dina Andayani. (2005), Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Al Musanna. (2010), Revitalisasi Kurikulum Muatan Lokal Untuk Pendidikan Karakter Melalui Evaluasi Responsif, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Balitbang Kementerian Pendidikan Nasional.Volume 16 Edisi khusus III.

Direktorat Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal PAUD Dikdas dan Dikmen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Profil Pelajar Pancasila, diunduh pada 10 April 2022, dari http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila.

Doni Koesuma A. (2010), Pendidikan Karakter: Strategi mendidika anak di Zaman Global Jakarta: Grasindo.

Donni Koesoema A. (2009), Pendidikan Karakter di Zaman Keblinger, Mengembangkan Visi Guru Sebagai Pelaku Perubahan dan Pendidikan Karakter, Jakarta: Grasindo.

Gardner, Roy, Jo Cairns, Denis Lawton. (2000), EDUCATION FOR VALUES Morals, Ethics and Citizenship in Contemporary Teaching, London: KOGAN PAGE.

H.Masyrukhi. (2015), Pendidikan Karakter yang Mencerahkan bagi Mahasiswa, dalam Tajdid Muhammadiyah, Mencerahkan Nurani, Membangun Peradaban, Semarang: PWM Jawa Tengah.

I.

Masnur Muslich. (2011), Pendidikan Karakter, Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: Bumi Aksara.

Muchlas Samani dan Hariyanto. (2012), Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rodaskarya.

Tim Penyyusun Modul IAIN Walisongo. (2013), Modul Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG), Semarang: IAIN Walisogo Semarang Press.

Victor Battistich. (2011), Character Education, Prevention, and Positive Youth Development, University of Missouri, St. Louis, dalam http://www.character.org/wp-content/uploads/2011/12/White_Paper_Battistich.pdf.2

Yudi Latif. (2015). Revolusi Pancasila, Jakarta: Mlizan.

Zakiyah Drajat. (1992), Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Zuhairimi. (1981), Metodik Khusus Pendidikan Agama, Surabaya: Usaha Offset Printing.

Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perbukuan Nomor 018/H/KR/2020 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Berbentuk Sekolah Menengah Atas untuk Kondisi Khusus.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Marijo. (2022). NILAI KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM PAI DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH DASAR. DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 115 -. Retrieved from https://dhabit.web.id/index.php/dhabit/article/view/47