SUPERVISI PEDAGOGIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS KINERJA GURU PAI

Authors

  • Sinar Pengawas Madya Kantor Kementerian Agama Kab. Pati

Keywords:

Supervisi Pedagogik, Kinerja Guru PAI

Abstract

Kualitas Kinerja Guru PAI menitik beratkan pada dua segi yaitu segi proses dan segi hasil. Kualitas lulusan sebagai output sekolah, merupakan bagian dari system dalam manajemen mutu pendidikan, yang tidak terpisahkan dari tiga konteks pendidikan yaitu adanya input, proses dan output. Guru memiliki lebih banyak kesempatan guna mengolah pembelajaran melalui kreativitas dan profesionalitas mengajar. Tujuan supervisi pedagogik memperkembangkan situasi belajar mengajar yang lebih baik, bertujuan untuk pencapaian tujuan akhir dari pendidikan yaitu pembentukan pribadi luhur siswa secara maksimal. Peran utama supervisi pedagogic tetap harus dimunculkan walaupuan hanya sampai batas kemampuan minimal. Undang Undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen mengamanatkan pentingnya peningkatan tenaga Guru PAI professional, handal dan memiliki jiwa pendidik berkualitas. Kualitas profesi Guru PAI selalu diupayakan baik melalui ketentuan kualifikasi pendidikannya maupun kegiatan in-service training dengan berbagai bentuk kegiatannya, walaupun masih bersifat umum (general supervision). Efektivitas supervisi pedagogic bagi Guru PAI agar memperoleh arahan, mampu memahami permasalahan-permasalahan yang dihadapi sehari-hari, belajar memecahkan masalah yang dihadapi dengan imajinatif dan kreatif. Tekniknya dalam memberikan supervisi pedagogic, dilakukan melalui; a) kunjungan kelas (classroom visitation), b) kunjungan observasi (Observation Visits), pertemuan individual, maupun kunjungan antar kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi, 2004, Supervisi pendidikan, Jakarta. Rhineka Cipta.

Burhanuddin, Yusak, 1998, Administrasi Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia.

Danim, Sudarman, 2002, Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan, Bandung; Pustaka Setia.

Harahap, Baharuddin. 1983, Supervisi Pendidikan, Jakarta ; PT. Ciawijaya.

Ivor K. Devies, 1987, Pengelolaan Belajar, Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Jasmani & Syaiful Mustofa, 2013, Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru dalam Penigkatan Kinerja Pengawas Sekolah dan Guru, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Kompri, 2015, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta; Ar Ruzz Media.

Mulyasa E., 2005, Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaarn Kreatif, dan Menyenangkan, Bandung; PT Rosdakarya.

Nata, Abuddin, 2003, Manajemen Pendidikan, Jakarta; Kencana.

Nurdin, Muhamad, 2008, Kiat Menjadi Guru Profesional, Yogyakarta, Ar Ruzz Media.

Sahertian, Piet, 2008. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta; Penerbit Rineka Cipta.

Sohiron, 2015, Administrasi Dan Supervisi Pendidikan, Pekanbaru; Kreasi Edukasi.

Syaefudin, Udin, 2009, Inovasi Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Tatang, S., 2015, Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah, Bandung; Penerbit Pustaka Setia.

Undang-Undang Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005. Kementerian Pendidikan Nasional Tahun Terbit 2007.

Tilaar H.A.R., 2002, Manajemen Pendidikan Nasional, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Sinar. (2022). SUPERVISI PEDAGOGIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS KINERJA GURU PAI. DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 96 - 105. Retrieved from https://dhabit.web.id/index.php/dhabit/article/view/45