PARADIGMA BARU PENDIDIKAN ISLAM
Keywords:
pendidikan, filosofis, sosiologisAbstract
Penelitian ini berusaha menjawab tiga pokok bahasan: 1) Bagaimana filosofi pendidikan Islam? 2) Mengapa pendidikan Islam belum mampu secara sistemik mengatasi problematika sosial kemanusiaan? 3) Bagaimana mereformulasikan paradigma baru pendidikan Islam yang kontributif bagi kemanusiaan dan peradaban manusia?
Penelitian kualitatif ini masuk kategori riset kepustakaan dimana data-datanya diambil dari kepustakaan baik berupa buku, dokumen maupun artikel. Data-data tersebut dikumpulkan untuk kemudian dilakukan analisis secara komprehensif dalam rangka mengungkap topik kajian secara holistik dengan pendekatan filosofis-sosiologis sehingga ada temuan baru atau novelty yang memiliki nilai kebermaknaan dan kemanfaatan dalam dunia pendidikan. Pendidikan Islam adalah usaha yang diarahkan kepada pembentukan kepribadian anak dalam berpikir, memutuskan, dan berbuat berdasarkan nilai-nilai Islam serta bertanggung jawab sesuai dengan nilai-nilai Islam. Realitanya pendidikan Islam belum mampu secara optimal mengatasi problem kemanusiaan, diantaranya karena pendidikan telah melupakan tujuan utamanya yaitu mengembangkan pengetahuan, sosial, sikap, dan keterampilan secara simultan dan seimbang untuk membentuk kepribadian muslim. Sedangkan pelajaran agama yang diajarkan di sekolah-sekolah itu lebih banyak bersifat ritual dan dogmatis. Paradigma baru pendidikan Islam yang lebih kontributif dalam membangun peradaban manusia harus sesuai tujuan utamanya membentuk kepribadian muslim. Pendidikan Islam harus mampu memberikan pencerahan masyarakat dari kegelapan menuju cahaya sekaligus menginisiasi dalam pembangunan. Oleh karenanya muatan kurikulum perlu dirancang secara komprehensif dan aplikatif sesuai kebutuhan anak didik dan mampu menjawab tantangan zaman. Strategi pembelajaran perlu dirancang oleh guru dalam menumbuhkembangkan potensi dan kompetensi peserta didik, serta komitmen bersama antara keluarga-sekolah-masyarakat/pemerintah secara kolaboratif mewujudkan pendidikan kontributif dan membangun peradaban bangsa
Downloads
References
Abrasyi, M.A. (1980). terj. Bustani A. Ghoni dan Djohar Bahri, Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang
Arifin, M. (1975) Kapita Selekta Pendidikan, Semarang: Toha Putra
Arikunto, S. (1993). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta
Bronfenbrenner, U. (1917). The Ecology of Human Develpoment, Amarica: Harvard University Prss
C.Y. Glock, C.Y. (1965) dan R. Stark, Religion and Society in Tension, Chicago: Rand Mc Nally & Co
Daulay, H.D. dkk. (2009). Pemberdayaan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta
Dewey, J. (2018) Democracy and Education, dalam Zuhairini, dkk., Jakarta: Bumi Aksara
Gardner, H. (1983). Frame of Mind The Theory of Multipe Intellligences, New York: Basic Books
Hadi, S. (1985) Metodologi Research, Jilid I, Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fak. Psikologi UGM
Hadjar, Ibnu. (1996) Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Perkasa
Hawari, D. (1997). Al-Qur’an Ilmu Kedokteran Jiwa dan Kesehatan Jiwa, Yogyakarta: Dara Bhakti Primayasa
https://bankdata.kpai.go.id/tabulasi-data/data-kasus-pengaduan-anak-2016-2020, akses 7 Desember 2021 pkl 06.16.
Kattsof, L.O. (1989). Element of Filosophy, terj. Soejono Soemargono, cet. IV, Yogyakarta: Tiara Wacana Yoga
Muhadjir, N. (1996). Metodologi Penelitian Kualitatif, edisi III, Yogyakarta: Rakesarasin
Muslih, M. (2011) Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: Bumi Aksara
Nata, A. (2019). Metodologi Studi Islam, cet. ke-23, Jakarta: Raja Grafindo Perkasa
-----------------, (2020). Pendidikan Islam di Era Milenial, Jakarta: Kencana
Rakhmat, J. (2004). Islam Alternatif, cet. xii, Bandung: Mizan
Tim Dosen FIP IKIP Malang, (1981) Kapita Selekta Pengantar Dasar-Dasar Kependidikan, Malang: IKIP Malang
Zaenudin, dkk., (1991). Seluk Beluk Pendidikan dari Al Ghazali, Jakarta: Bumi Aksara
Zuhairini, dkk, (2018). Filsafat Pendidikan Islam, cet. kedelapan, Jakarta: Bumi Aksara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.