PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TINGKATKAN PEMAHAMAN TRADISI ISLAM NUSANTARA
Keywords:
Budaya, tradisi Nusantara, tradisi Islam NusantaraAbstract
Toleransi dalam konteks hubungan antara agama dan budaya berada dalam tahap yang mengkhawatirkan. Pelajar sebagai pemimpin dimasa depan ditengarai mengalami pendangkalan konsep dalam memandang tradisi sebagai bagian dari budaya manusia dan tradisi yang dapat digunakan sebagai media dakwah Islam. Guru PAI mengemban amanah untuk membantu siswa dalam memahami Tradisi Islam dalam konteks hubungan sosial dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Model Pembelajaran Project Based Learning memberi kesempatan luas pada siswa untuk mendapatkan pengetahuan berdasarkan kondisi nyata di lingkungannya. Penghargaan terhadap apersepsi siswa digunakan sebagai dasar untuk meminta siswa mengamati, memetakan dan menyimpulkan tradisi yang ada di lingkungannya. Karakter rasa ingin tahu, kerjasama, dan kreativitas siswa akan terasah melalui materi dan model pembelajaran ini. Pemahaman yang tepat terhadap batasan agama dan budaya akan memperluas cakrawala siswa dalam memandang kemajemukan bangsa. Melalui model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran materi Tradisi Islam di Nusantara ini siswa menjadi mampu membedakan aktifitas ritual yang merupakan budaya yang bernilai sosial, atau justru merupakan bagian strategi dakwah dengan budaya yang bernilai ibadah. Sehingga tercipta suatu generasi yang moderat dalam beragama dalam negara.
Downloads
References
Abuddin Nata, Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009
Depdikbud, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pusaka, 1989
Koenjtaraningrat, Sejarah Teori Antropologi I, Jakarta : UI Press, 1987
Rusman, Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Dosen, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2011, cet. III
Satria, Alif. 2021. https://www.uii.ac.id/membendung-radikalisme-di-kalangan-milenial/ (diakses tanggal 29 November 2021)
Trianto, Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.