PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATERI SALAT JAMA’ QASAR MELALUI PEMANFAATAN MEDIA “JAMU SAKTI” SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 3 KLATEN

Authors

  • Kunti Suraya Husniyati Guru SMPN 3 Klaten Jawa Tengah

Keywords:

Media “JAMU SAKTI”, salat jama’ qasar, minat belajar dan hasil belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas pada materi salat jama’ qasar dengan memanfaatkan media pembelajaran “JAMU SAKTI”. JAMU SAKTI merupakan akronim dari Jam Musafir Salat Khusu’ Tumakninah dan Ikhlas. Sedangkan salat jama’ qasar adalah salat dengan menggabungkan dua waktu salat wajib, menjadi satu waktu sekaligus meringkas rakaat salatnya. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMPN 3 Klaten yang berjumlah 32 siswa. Tujuan dari karya ini adalah ingin mengetahui rancangan pembuatan media “JAMU SAKTI” dan implementasinya dalam pembelajaran salat jama’ qasar, juga ingin mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa setelah menggunakan media “JAMU SAKTI”. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa dari kondisi awal ke siklus II terdapat peningkatan minat belajar pada siswa kelas VII A. Hal ini dapat diketahui dari hasil yang didapatkan dimana pada kondisi awal  siswa yang aktif mengikuti pembelajaran 31,25 % dari jumlah siswa. Setelah dilaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran JAMU SAKTI pada siklus II menjadi  87,5% dari jumlah siswa. Begitu juga dengan hasil belajar mengalami peningkatan. Dari rerata nilai pada kondisi awal 70,46  menjadi 82,25 pada kondisi akhir (siklus II). Dari paparan itu, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa aplikasi media “JAMU SAKTI” telah membawa dampak positif terhadap peningkatan minat belajar dan hasil belajar siswa kelas VIIA tahun pelajaran 2017 / 2018 semester 2.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, Azhar. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Baharuddin dan Wahyuni, Esa Nur. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Dimyati, Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Jufri, Wahab. (2017). Belajar dan Pembelajaran Sains Modal Dasar Menjadi Guru Profesional. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Sanaky, Hujair. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta : Kaukaba Dipantara.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sudjana, Nana, dan Rivai, Ahmad (2009). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.Azwar, Saifuddin. (1999). Pengantar Psikologi Inteligensi. Edisi I. Cet. II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syah, Muhibbin.(2010). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Syah, Muhibbin.(2010).Psikologi Belajar cet. 10.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Winataputra, Udin S dkk. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Cet.3. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2022-09-23

How to Cite

Kunti Suraya Husniyati. (2022). PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATERI SALAT JAMA’ QASAR MELALUI PEMANFAATAN MEDIA “JAMU SAKTI” SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 3 KLATEN. DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 59-65. Retrieved from https://dhabit.web.id/index.php/dhabit/article/view/38