PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MELALUI PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS VIDEO PADA SISWA KELAS VII.G SMP NEGERI 2 PATI
Keywords:
Problem Based Learning, media video, motivasi belajar, hasil belajarAbstract
Tujuan penelitian untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar PAI-BP melalui Problem Based Learning Berbasis Media Video Animasi. Prosedur penelitian melalui perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan, hasilnya dianalisis dengan menghitung persentase penilaian: aktivitas mengajar, motivasi belajar dan hasil belajar serta ketuntasan belajar. Hasil penelitian Siklus I, motivasi belajar siswa dikategorikan tinggi, nilai rata-rata sebesar 81%; hasil belajar kategori “Baik” nilai rata-rata sebesar 80 poin, diikuti siswa tuntas belajar ada 23 orang dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 72%. Siklus II, siswa sangat termotivasi dalam belajar dikategorikan “sangat tinggi”, nilai rata-rata sebesar 91%, ada peningkatan sebesar 10%, hasil belajar kategori “Sangat Baik” nilai rata-rata sebesar 90 poin, ada peningkatan sebesar 10 poin diikuti siswa yang tuntas belajar ada 32 orang dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 100%. Berarti terjadi peningkatan siswa yang tuntas belajar sebanyak 9 orang dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 28%. Disimpulkan Problem Based Learning Berbasis Media Video Animasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar PAI-BP pada siswa kelas VIIG SMP Negeri 2 Pati.
Downloads
References
Budi, Sihono Setyo. (2019). “Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Prestasi dan Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKWU di Kelas XII IPS2 Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020” LITERASI, Volume XI, No. 2 2020 Diakses hari: Selasa, tanggal 10 September 2019 dari : Journal homepage:
www.ejournal.almaata.ac.id/literasi
Darajat, Zakiyah. (2014). Pendidikan Agama dan Pembinaan Mental. Jakarta: Bulan Bintang.
Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Kemendikbud.
Ormrod, J. E. (2009). Educational Psycology Developing, Jilid 1 (6th ed). (Terjemahan Penerbit Erlangga). Jakarta: Gelora Aksara Pratama.
Purwanti, Irmina Titik. (2019). “Pelaksanaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Mekanika Teknik Pada Kelas X BKP 2 SMK Negeri 2 Sragen”. DWIJALOKA. Vol I No. 1, Maret 2020.
Puspita, Indriana. (2017). “Efektivitas Penggunaan Media Video Animasi dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII-I di SMP Negeri 9 Tangerang Selatan”. Skripsi. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Rexi Agusmin. (2018). “Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Simulasi PhET di Kelas XI IPA-C SMAN 6 Kota Bengkulu”. Jurnal Kumparan Fisika Volume 1 Nomor 2 (2018).
Rizki Harlinda Putri. (2018). “Peningkatan Hasil Belajar Tematik melalui Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Mind Mapping”. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan. p-ISSN: 2622-4763 | e-ISSN: 2622-2159 | Vol. 2 No. 1 (Januari) 2018, Hal. 87-101.
Sadiman, Arief S. (2006). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Slavin, Robert E. (2012). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung : Nusa Media.
Sudarman. (2012). “Problem Based Learning : Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah”. Jurnal Pendidikan Inovatif Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman Samarinda. 2, (2), 68-73.
Utami, Meilia Tyas. (2019). “Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar”. MAJU, Volume 6 No. 1, Maret 2019, p-ISSN: 2355-3782, e-ISSN: 2579-4647, Page : 80-91.
Wardani, Indri Kusuma. (2014). “Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Salaman Mloyo Kota Semarang”. Skripsi. Semarang : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.
Wardoyo, Tri Cipto Tunggul. (2015). “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik di SMK Negeri 1 Purworejo”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.