PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 2 JUWANA

Authors

  • Siti Badi’ah Guru PAI BP SMP Negeri 2 Juwana Kabupaten Pati, Jawa Tengah

Keywords:

Keaktifan, Hasil Belajar, Student Teams Achievement Division

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar PAI dalam materi Semua Bersih Hidup Jadi Nyaman pada siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Juwana Semester Gasal Tahun Pelajaran 2018/ 2019. Pada Kelas tersebut bejumlah 23 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki- laki dan 10  perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi, observasi dan tes tertulis. Sedang instrumennya berupa dokumen, jurnal pembelajaran, lembar observasi dan butir soal tes tertulis. Validasi data keaktifan menggunakan observer teman sejawat, sedangkan data hasil belajar menggunakan validasi isi dengan cara menyusun kisi-kisi butir soal. Analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif yang dilanjutkan dengan analisis kritis dengan melakukan refleksi. Prosedur tindakan diawali dengan menyusun perencanaan tindakan, melaksanakan tindakan, mengamati hasil tindakan dan merefleksi hasil pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan,  keaktifan  maupun dari hasil belajar, dimana keaktifan belajar pada kondisi awal  65,22% setelah dilakukan tindakan menjadi 95,65%, sementara hasil belajar pada kondisi awal ketuntasannya  56,52% setelah dilakukan tindakan menjadi 95,65%, sehingga simpulannya melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar bagi siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Juwana Semester Gasal Tahun Pelajaran 2018/ 2019.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta

Depdiknas. (2008). Rancangan Penilaian Hasil Belajar. Jakarta, Depdiknas.

Dimyati, Mujiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta.PT Rineka Cipta.

Muhammad dan Zainuri Siroj. (2009). Kamus Istilah Agama Islam (KIAI). Jakarta: PT.Albama.

Nasution,S.(1995). Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Noornia. (1997). Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Yudistira.

Novri Yanti, (2013). Faktor- factor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Padang Tahun Pelajaran 2011/ 2012, Jurnal Pendidikan Ekonomi 2, No.5

Nur Hidayah. (2013). Panduan Praktis Penyusunan Pelaporan PTK. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Rusmono. (2012) Strategi Pembelajaran dengan Problem Base Learning itu Perlu Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru, Bogor: Galia Indonesia

Salim, Peter dan Salim, Yani. (1991). Kamus Besar Kontemporer. Jakarta: Modern English Press, Edisi Pertama.

Sudjana, Nana. (2004). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Thobroni and Arif Musthofa. (2012). Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar Ruz Media.

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Siti Badi’ah. (2021). PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 2 JUWANA. DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 24-30. Retrieved from https://dhabit.web.id/index.php/dhabit/article/view/25